Pedagang burung mulai dengan jenis elang

Berawal dari info yang dikasih sama teman, saya coba memastikan kebenaranya. Pas hari Sabtu Tanggal 4 Oktober 2008 saya coba untuk memastikan kebenaran info tersebut. Ternyata benar apa kata teman saya. Pertama ketika masuk ke pasar hewan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang tadinya hanya menjual Kambing dan Sapi kini pedagang burung juga sudah mulai banyak. Target saya kepasar yang kebetulan tidak jauh dari rumah adalah untuk memastikan info dari teman saya kalau di pasar tersebut menjual jenis Elang. Ternyata benar. Seekor Elang Brontok(Spizaetus cirrhatus) sedang ditawarkan kepada pengunjung yang datang. Walaupun sebenarnya banyak juga pengunjung yang datang hanya ingin sekedar melihat-lihat saja. Elang brontok tersebut ditarus ditanah, disamping kandang-kandang burung yang lain. Kalau melihat beberapa jenis burung yang dijual ada juga yang masuk dalam kategori burung dilindungi selain elang brontok itu tadi.

Rasa penasaran saya memicu saya  untuk menanyakan kepada sipedagang… Obrolan saya awali dengan menanyakan bahwa itu burung elang seolah kalau saya orang yang memang awam dengan burung tersebut. Pedagang menjawab kalau itu burung Garuda, Rajawali dan Elang karena itu nama yang lazim digunakan oleh para pedagang. Dari obrolan tersebut saya coba lontarkan beberapa pertanyaan dari mana asal elang tersebut diperoleh. Dari keterangan si pedagang, elang itu didapat dari daerah Banjarnegara. Saya agak sedikit kurang percaya karena daerah tersebut yang saya tahu kondisi hutanya sudah tidak begitu bagus untuk jenis elang berbiak. Ternyata kebiasaan pedagang memperoleh elang bukan hanya dari Banjarnegara tapi dari daerah lain seperti Dieng(Wonosobo), Bobotcari dan Slamet. Informasi dari pedagang sama seperti yang info yang diperoleh sama teman saya yang kemungkinan dari pedagang yang sama. Waktu itu teman saya datang kepasar tersebut satu minggu sebelum saya datang dan katanya jenis elang yang dijual adalah jenis Elang Ular Bido(Spilornis cheela) 2 ekor.

Masih menurut pedagang, katanya mereka setiap bulan bisa memperoleh atau bisa mengumpulkan sekitar 4 ekor elang dari daerah Slamet. Untuk harga jenis Elang Brontok di pasang harga Rp.300.000-Rp.750.000(Tigaratus ribu rupiah sampai dengan tujuhratus ribu rupiah). Kata pedagang yang menjual elang dan burung-burung kecil itu menyebutkan kalau mereka justru untungnya bisa lebih besar ketika mereka menjual elang dibanding dengan jualan burung-burung kicau. Selain menjual burung, ternyata ditempat itu juga ada Landak(Hystrix braychura) dan Lutung Jawa(Trachypytecus auratus) . Kebetulan saya tidak menanyakan harga dari satwa tersebut yang juga dilindungi.

Ternyata pasar yang terbilang kecil ini justru menjadi ladang bagi pedagang atau lebih jelasnya pembisnis burung lebish leluasa berbisnis karena jauh dari pantauan pihak yang berwenang dan bisa jadi mereka berlindung dibawah orang yang cukup punya pengaruh didaerah itu.

7 thoughts on “Pedagang burung mulai dengan jenis elang

  1. Semangat!!!! untuk memonitor perdagangan elang atau perdagangan satwa di Indonesia…DEMI KONSERVASI!!! keep up u’r spirit!!!!

    Like

  2. ini karena kebetulan pas pulang kampung dan dapat info dari Slamet/mame kalau dipasar dekat kampung ada yang jualan elang,…

    salam….
    care2raptor/asman

    Like

  3. sebagai pecinta n plindung satwa.saya ucapkan trima kasih.n trus pantau..anda bisa laporkan ke p wec atau polhut.smangat.

    Like

    • terima kasih atas kunjungannya. Saya sudah infokan hal tersebut ke profauna dan untuk tindak lanjutnya mungkin masih belum ya,…

      Like

  4. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP Nomor Urut 5 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Like

Leave a Reply

