Pengamatan sarang Elang laut di Taman Nasional Kepulauan Seribu

Bulan Juni adalah bulan dimana Elang Laut Perut Putih(Haliaeetus leucigaster) masuk musim berbiak. Sebenarnya sudah dari bulan April pasangan elang laut itu memulai aktifitasnya dengan pembuatan sarang atau bahkan pembenahan sarang yang sudah dipakai sebelumnya. Disini saya akan mencoba menceritakan pengalaman tahun lalu ketika saya dan teman-teman dari Jakarta Birdwatcher’s Community melakukan pengamatan aktivitas berbiaknya elang laut di Pulau Yu Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kegiatanya sebenarnay di mulai dari bulan Maret yaitu dengan melakukan pengukuran karakteristik sarang yang kemudian dilakukan pemantauan berkala. Tepatnya bulan Mei 2007 ketika saya coba melakukan pemnatauan ulang untuk mengetahui aktivitas pasangan elang laut di pulau tersebut. Waktu itu saya dan teman saya melihat ada perubahan pada elang laut tersebut yaitu dengan adanya sarang baru yang tidak jauh dari sarang yang lama yaitu sekitar lebih kurang 50meter. Aktivitasnya juga sudah mulai lebih banyak disarang dan terlihat seperti sedang mengerami telurnya. Melihat aktivitas seperti itu akhirnya saya coba menghubungi teman-teman JBC untuk merencanaka kegiatan pengamatan pada pasangan elang laut tersebut. Gayung pun bersambut, JBC menyetujui rencana tersebut.

100_1205Akhirnya pada bulan Juli kami memulai pengamatan. JBC pada gelombang pertama menugaskan 2 anggota dari FMIPA Universitas Negeri Jakarta(UNJ). Pengamatan yang dilakukan dalam setiap pergantian tim dengan lama waktu pengamatan 12 hari yang akan digantikan oleh tim yang baru. Di setiap tim pengamat, satu personil dari IAR Indonesia dan 2-3 dari JBC. Pengamatan yang dilakukan dimaluai dari pukul 06:00-17:30wib walau kadang sampai jam enam sore. Pengamatan pasangan elang laut yang sedang berbbiak ini memang kami tim pengamat mengalami beberapa kendala terutama dari jarak dan ketika si elang meninggalkan sarang. Lokasi pengamatan dengan sarang memang beda pulau. Lokasi sarang berada di Pulau Yu Barat sedangkan lokasi tim pengamatan di Pulau Yu Timur. Pengamatan terus dilakukan dan kabar yang mengagetkan waktu itu adalah ketika tim ketiga pengamatan. Pasangan elang laut tersebut pindah kesarang yang lama dengan aktivitas yang baru juga yaitu memulai lagi dengan pembenahan sarang.

Pengamatan dilakukan sampai September awal. Waktu itu tim berasumsi bahwa elang laut itu gagal berbiak karena bulan september seharusnya anakan elang laut sudah bisa terbang sedangkan yang terjadi pasangan elang dipulau tersebut masih pembenahan sarang dan lebih sering diluar sarang. Akhirnya tim memutuskan untuk mengakhiri kegiatan tersebut.

lebih detail kegiatan yang dilakukan silahkan lihat di laporan yang ada dibawah ini;

laporan-pengamatan-haliaeetus-leucogaster_-pulo-yu

photo & tulisan;

© Asman A Purwanto

6 thoughts on “Pengamatan sarang Elang laut di Taman Nasional Kepulauan Seribu

  1. Terima kasih telah menuliskannya….TULISAN AKAN MENJADI SEJARAH PERADABAN…..suci mewakili teman-teman Jakarta Birdwatcher’s Community (JBC) menghaturkan terima kasih atas kerjasama yang terjalin…..
    Salam Konservasi

    Like

  2. Hi suci,.. apa kabar?… kemana aja bu? saya dengar dari kang Wishnu RAIN katanya kamu juga pergi ke hawk mountain ya?… wah,.. tar jangan lupa bagi2 ilmunya di indonesia ya,…
    dengan tulisan tentang pengamatan elang laut di pulau yu saya cuma ingin berbagi pengalaman dan informasi dengan teman2 aja sih dan mudah2an benar akan jadi sejarah,..

    Salam,..
    care2raptor/asman

    Like

  3. allow para ornithologist, salam kenal kembali buat bu su ci (kenal di jogja-short course bareng YKI) dan pak ash man (kenal di pulau kotok snorkeling bareng bule n pale)… duh ga sangka nostalgia disini y….
    sukses selalu y…
    fabiona_dawet

    Like

  4. eh dawet,.. kemana aja neh?…

    nulis nama gw salah tuh yang bener asman, bukan ashman,…

    waktu itu lo yaang ketipu ama KALONG YA?… oia, salam tuh dari bule yang kita ajak mancing malam2,.. hehehehe,……
    eh,.. ngomong2 dah selesai blm kuliahnya?…

    asman

    Like

  5. Apa kabar mas asman?
    masih dicurug nangka?
    salam2 buat mas aris n mas gun yach?
    oia salam juga buat “yuni” n “yudi”
    dah berhasil belom yach breedingnya?
    kapan mo ke kotok lagi?
    kangen juga mancing malem2 didermaga+dengerin dangdutan di tempat mas tupon hehehehe.

    oia, list burung hutan yang di pulau yu timur masih ada?
    kalo saya lupa taruh dimana filenya, saya cari dulu
    tapi kalo ketemu ntar dishare dey+diskusi dikit soal
    “spesies” yang keliaran deket tenda dengan jarak 2 meter tapi belom ketahuan jenisnya apa

    salam
    Jihad
    KPB Nycticorax UNJ

    Like

  6. Hi Jihad,.. kabar baik, alkhamdulillah…

    Nanti di sampein salamnya.
    Untuk elang yang di pulau yu” yudi dan yuni” saya sudah gak pengamatan lagi coz sekarang stay di bogor. Info terakhir sih elangnya masih dipulau yu.
    Untuk list burung yang pulau yu saya masih punya filenya dan sudah saya satuin datanya sama yang saya pengamatan,…

    untuk yang waktu itu berterbangan di dekat camp saya sudah lupa bentuknya euy!,…

    Salam juga buat teman2 KPB Nycticorax,…

    Asman

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s