pengamatan migrasi raptor di puncak, jum’at 31 oktober

iwan londoMalam jum’at saya buka email dan baca di Millist sahabat burung indonesia. Disitu ada judul email yang menarik sekali buat saya. judulnya”Ribuan Raptor di Gantole” seperti itu kalau tidak salah. Saya langsung balas email tersebut dengan kata2″ oke, besok saya meluncur ke gantole/puncak”.

Saya coba hubungi teman-teman yang lain siapa tau ada yang mau pergi juga. Tapi kok kayaknya sepi yah?… Saya tetap pergi jum’at pagi. Saya fikir pasti ada lah yang datang untuk pengamatan Raptor di puncak. jam setengah sembilan saya udah di bukit Gantole dan kedatangan saya disambut sekitar 40 ekor Elang Alap china(Accipiter soloensis). Pagi itu lumayan rame jikia dibanding dengan kedatangan saya sebelumnya pada tanggal 25 yang paling banyak hanya sekitar 20 individu.

Di temani penjual sekoteng dan si penjual yang akrab di panggil Mat itu bercerita dengan semangat kalau sehari sebelumnya Ribuan Raptor yang melintas di puncak itu. Pernyataan itu bukan hanya dari Si Mat tapi dari teman-temannya juga. Mereka(Para pedagang) sudah sangat terbiasa dengan raptor migran itu karena memang setiap tahunya pasti ada raptor dan mungkin sudah beberapa tahun belakangan di tempat itu sering di adakan Festival Pengamatan Raptor Migran yang banyak memberikan keuntungan bagi para pedagang di bukit gantole itu. Selain untung karena banyak yang membeli dagangannya, mereka juga bisa belajar mengenal Raptor dari para pengamat.

Sampai pukul 10:45 saya baru mencatat 156 untuk jenis Accipiter soloensis, 24 Untuk Pernis ptilorhyncus dan 13 Accipiter gularis. Saya tetap bertahan dengan harapan nanti ketika sore jumlah yang melintas akan lebih banyak. Karena hari sebelumnya raptor yang melintas dengan jumlah ribuan itu melintas mulai dari jam dua siang sampai waktu maghrib. Jam sebelas siang si raptor sudah tak terlihat lagi dan waktunya saya untuk istirahat dan memsan segelas kopi dan sepiring nasi goreng.

Jam setengah dua siang saya coba mulai pengamatan lagi dan terlihat ada 2 ekor Soloensis yang sedang melakukan soaring. Cuaca hari itu memang lumayan bagus karena tidak hujan. Tpi makin sore kok jumlhanya gak bertambah. kabut dan awan gelap mulai terlihat dan si raptor sudah mulai malas untuk keluar lagi. Akhirnya jam lima sore saya putuskan untuk pulang karena sudah tidak mungkin lagi raptornya akan keluar karena cuaca sudah mulai gelap dan berkabut.

Raptor yang saya dapat pada pengamatan hari itu:

1. Accipiter soloensis 183 Individu

2. Pernis ptilorhyncus 29 Individu

3. Accipiter gularis 14 Individu

Leave a Reply

