IAR Translokasi Elang Laut Ke JAAN

Akhirnya setelah lebih kurang empat bulan berada di IAR Indonesia Elang Laut Perut Putih(Haliaeetus leucogaster) yang pada bulan Agustus tahun kemarin ditemukan basah kuyup di atas salah satu kandang di IAR indonesia ditranslokasikan ke Program Rehabilitasi Elang Kepulauan Seribu di Pulau Kotok Besaryang di kelola oleh Jakarta Animal Aid Network pada tanggal 19 Januari 2009.

new1Translokasi dilakukan setelah di sepakati antara IAR indonesia dengan Jakarta Animal Aid Network(JAAN) bahwa elang tersebut bisa di translokasikan ke Pulau Kotok Besar sehingga bisa menjalani proses rehabilitasi dan dapat dilepasliarkan.

Translokasi memang tidak langsung ke Pulau Kotok Besar karena saya dan teman saya hanya mengantarkan si elang laut yang sudah mengisi hari-hari kami di IAR Indonesia dan menambah satu kerjaan buat saya dan teman saya itu ke kantor JAAN yang berada di Jl. Kemang Timur 17B. Berdua dengan teman saya dan satu Driver(Sopir) kami mengantar elang tersebut dari IAR yang berlokasi di Lereng Salak(baca:curug nangka) Pukul 15:30Wib.

Di tengah jalan sang sopir yang akrab di panggil Acep/ncep menanyakan alamat kantor JAAN dan kira-kira kami harus keluar di pintu Tol mana. Waduh!… Saya juga belum tahu. Walaupun saya sendiri sudah pernah kesana tapi pada waktu itu saya naik angkutan umum dan kebetulan naiknya juga dari daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ngapain bingung… SMS ke teman yang ada di JAAN, tanya harus keluar di pintu tol mana, beres. SMS berbalas. Dimana kami harus keluar akhirnya kami dapat.

Jam Lima sore tepatnya kami keluar di Pintu Tol Cilandak. Mungkin kalau jalanan lancar kami tidak harus sampai jam lima pasti sudah keluar di pintu tol tersebut. Keluar Tol kami masih harus bertanya-tanya karena alamat yang di kasih teman saya kami harus keluar tol Cilandak belok ke arah Kanan, ada jalan Ampera Raya lurus sampai habis. Yang jadi pertanyaan kami pada waktu itu adalah sampai si ujung mana jalan Ampera Raya habis?… Ternyata tidak jauh dan tidak harus berlama-lama kami mencari lokasi kantor JAAN karena ternyata begitu Jalan Ampera Raya habis 10 meter dari pertigaan kantor JAAN terlihat jelas dengan logo yang begitu besar tergambar di tembok halama kantor tersebut.

Sesampainya kami di kantor JAAN kami disambut oleh salah satu staff JAAN yang kebetulan juga teman saya yang bersama-sama saya dulu bekerja di Pulau Kotok Besar. Kandang angkut kami turunkan dan elang di pindahkan ke kandang yang dimiliki oleh JAAN yang akan menjadi kandang angkut berikutnya ke Pulau Kotok Besar diman Program Rehabilitasi dilakukan. Setelah elang dipindahkan ke kandang yang sudah disiapkan oleh teman-teman di JAAN selanjutnya adalah penandatanganan surat serah terima satwa antar IAR dan JAAN sebagai pelengkap administrasi persuratan si elang laut tersebut yang nantinya akan di laporkan ke pihak terkait seperti Balai Taman Naional Laut Kepulauan Seribu selaku pihak dari Departemen Kehutanan yang akan menerima elang laut tersebut di Kepulauan Seribu.

Empat bulan berada dalam perawatan kami tim IAR Indonesia akhirnya si elang laut akan menjalani hari-hari barunya di dalam Rehabilitasi, sebuah persiapan untuk menuju kebebasan. Semoga tidak ada Elang Laut yang nyasar/tersesat ke gunung seperti yang terjadi pada elang laut yang selama empat bulan mengisi hari-hari teman-teman perawat satwa di IAR Indonesia.(AAP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s