Pelatihan Peningkatan SDM anggota RAIN

Pada hari minggu tanggal 14 Juni 2009 RAIN-Raptor Indonesia telah mengadakan pelatihan bertemakan ” Handling, Morfometri, Marking, Monitoring dan Analisi data raptor paska pelepasliaran” bertempat di suakaELANG, Taman Nasional Gunung Halimun-Salak(TNGHS). Acara yang berlangsung lebih kurang 6 jam ini di ikuti oleh lebih kurang 32 peserta dari berbagai daerah dan dari berbagi lembaga.

Pelatihan yang di adakan oleh suakaELANG dan di fasilitasi oleh RAIN selaku panitia acara ini berjalan sukses dengan begitu banyaknya peserta yang hadir. Walaupun tempat/lokasi pelatihan itu berlangsung cukup jauh dari pusat kota Bogor dan akses ke tempat tersebut cukup sulit dari segi kendaraan umum tapi minat para peserta untuk mendapatkan ilmu yang tidak ada di bangku kuliah itu cukup banyak.

Para Peserta pelatihan dalam sesi foto sebelum pulangPeserta yang hadir untuk mengikuti acara tersebut bukan hanya mereka yang tinggal di Jakarta maupun Bogor. Tetapi dari sekitar 32 peserta yang datang ada juga yang dari Semarang dan Malang. Sungguh sebuah surprise bagi saya selaku Ketua Panitia Acara karena ternyata pelatihan macam ini banyak yang ingin ikut. Yang lebih bikin kami selaku panitia bangga adalah dengan adanya peserta pelatihan yang jauh-jauh dari lombok. Awalnya peserta yang dari lombok itu ada kegiatan pelatihan mengenai kedokteran hewan di ciawi dan untuk mengisi waktu senggangnya, dia menyempatkan untuk mengikuti acara yang dil adakan oleh RAIN. Sebenarnya jumlah peserta yang ingin mendaftar lumayan banyak tapi Karena keterbatasan tempat maka panitia membatasi peserta pelatihan hanya 30 peserta.

Pada sesi pemebrian materi, acara di buat lebih interaktif yaitu dengan saling diskusi antara pemateri dan peserta pelatihan. Acara yang dimulai Pukul 10.00wib ini berakhir Pukul 16.00wib. Pelatihan ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan pelepasliaran yang akan di adakan oleh suakaELANG pada bulan Agustus tahun ini. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menarik minat para peserta untuk turut serta dalam kegiatan pelepasan tersebut.

Akhirnya setelah lebih kurang 6 jam berada di ruangan dengan materi-materi yang membuat para peserta pulang dengan berbagai ilmu yang didapat, acara pun berakhir dengan raut wajah yang begitu senang di antara peserta.

Semoga pelatihan ini bermanfaat dan dapat berguna bagi upaya pelestaraian Raptor di indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s