Mengamati sepasang Elang Hitam terbang bersamaan dengan sepasang Elang Jawa

Selasa, 2009 Juni 23

soaring, originally uploaded by Asman A. Purwanto Album.

Baru saja masuk pintu gerbang PT. Kapol menuju lokasi suaka elang sudah ada sepasang Elang Jawa(Spizaetus bartelsi) sedang mencari makanan. Mereka terbang di atas punggungan bukit perkebunan Kapol. Terlihat dari kejauhan seperti Elang Hitam(Ictinaetus malayensis) tapi dari suara yang terdengar bukan jenis elang hitam. Setelah terlihat jelas ketika menggunakan Binocullare ternyata itu elang jawa.

Begitu sampe di Visitor Center suaka elang, dua ekor elang jawa kembali terlihat dan salah satu dari mereka terus mengeluarkan suara sambil terbang. Setelah beberapa saat menghilang ternyata salah satu dari elang jawa itu terlihat membawa serasah seperti rumput alang-alang.

Sedang asik-asik mengamati elang jawa, dari arah belakang dan samping keluar elang hitam. Satu dari belakang dan satu dari samping. Akhirnya dua pasang elang yang menjadi penghuni Gunung Salak ini terbang bersamaan dalam waktu yang bersamaan dan dalam satu lokasi. Yang mengherankan adalah kedua pasangan elang ini tidak terjadi konflik saling serang.

Yang menarik adalah, Ketika si elang hitam posisi terbangnya berada di atas maka si elang jawa posisinya berada di bawah begitu juga sebaliknya. Yang bikin takjub saya dan beberapa teman saya dan orang-orang dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah ketinggian masing-masing elang yang tidak begitu tinggi sehingga untuk mengidentifiksinya kami tidak perlu menggunakan alat bantu seperti binocullare maupun monocullare.

Setelah beberapa menit kedua pasangan elang ini sama-sama menontonkan keanggunannya di udara, sepasang elang hitam terbang ke arah timur menjauh dari elang jawa dan elang jawa juga terbang ke arah dalam(hutan) gunung salak dan menghilang. Kejadian yang baru pertama kali saya lihat ini berlangsung sekitar pukul 10:30.

Sekitar Pukul 14:00wib sepasang elang jawa kembali keluar dan melakukan soaring di atas Visitor Center suaka elang. ” Kemarin(22/06) elang jawa bertengger di pohon samping gedung ini dan sepertinya menyerang sarang burung yang ada disitu”. Kata Ahmad Suryadharma Kepala Resort Salak I Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

One thought on “Mengamati sepasang Elang Hitam terbang bersamaan dengan sepasang Elang Jawa

  1. kenapa elang jawa makin ke depan makin berubah nya jaman , menjadi sedikit ?
    ya paling bisa di hitunng oleh jari!
    dan apakah elang jawa itu sama dengan burung Garuda lambang Negara kita?

    thank’s
    jhon.s.koesplus

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s