Ketemu Ninox scutulata



Selesai memeberi makan Kukang,Nycticebus sp, teman saya iseng melempar batu ke rumpun bambu yang ada di sekitar kandang. Seketika setelah batu itu di lempar ada yang terbang. Awalnya itu dikira kelelawar yang terbang. Tapi kok bertengger? Padahal kelelawar jarang sekali bertengger di pohon di waktu-waktu maghrib.
Ketika Senter saya arahkan ke pohon yang di hinggapi itu terlihat pantulan sinar dari dua mata. Melihat itu saya langsung mengarahkan dan memastikan jenis apa itu. Dan setelah beberapa saat mengawasi dan melihat matanya yang terus memancarkan pantulan cahaya dari senter yang saya pakai ternyata itu seekor burung. Dan itu jenis Burung Hantu yang memang aktif dimalam hari.


Penasaran dengan jenisnya, saya mencoba mendekat dan coba untuk mengidentifikasi jenis apa itu. Karena saat itu tidak membawa Fieldguide burung maka saya hanya mengamati perilakunya saja. Jaraknya cukup dekat antara saya dengan Burung itu. Mungkin sekitar 15 menit saya mengamati burung itu. Burung yang saya amati merubah posisi bertenggernya dengan mata yang terus mengawasi gerakan dari rumput-rumput yang ada di sekitar itu.
Dengan posisi mencondngkan badanya seperti hendak berburu mangsa, burung itu langsung terbang meluncur untuk menangkap mangsanya.
Setelah burung itu terbang saya pun langsung mengambil fielguide burung untuk segera mengidentifikasi jenis burung hantu itu. Dari hasil identifikasi diketahui kalau itu adalah Punggok Cokelat,Ninox scutulata.
Ninox merupakan jenis burung hantu yang ukuran tubuhnya kecil. Tapi lumayan lah. Setelah penasaran dengan burung hantu yang sering bersuara di sekitar tempat kerja ternyata bisa bertemu dengan Punggok Cokelat itu. Sempat terpkirkan untuk membuat sarang buatan dari kotak(Nest Box) dengan harapan Punggok cokelat itu mau bersarang di situ.

Sumber Foto:
http://mountain-n-sea.blogspot.com/2008_06_01_archive.html

One thought on “Ketemu Ninox scutulata

  1. blog nya baguus gambar nya juda baguus … lam kenaaaaaaaaaaaaal yuah

    {SEMOGA KEHADIRAN SAYA BERMANFAAT BAGI REKAN-REKAN SEMUA YAAA?? SALAM KENAL SEMUAAA.. SILAHKAN BERKUNJUNG YAAAH KEBLOG ABDI ^^}

    Like

Leave a Reply

