Evakuasi Accipiter trivirgatus

00000

Kegiatan evakuasi berawal dari informasi yang diberikan oleh staff Balai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak mengenai keberadaan satu ekor Elang Alap Jambul,Accipiter trivirgatus, di kantor Balai Taman Nasional di Kabandungan,Sukabumi. Informasi awal yang diterima adalah anakan Elang Jawa,Spizaetus bartelsi, hasil penyerahan sukarela dari warga yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dan setelah di identifikasi ternyata elang yang di maksud adalah Elang Alap Jambul.

Tim berangkat dari International Animal Rescue Indonesia,Ciapus- Bogor pukul 16.30 WIB. Perjalanan menuju Kantor Balai Taman Nasional di tempuh dengan waktu lebih kurang 3(tiga) jam.

Sesampainya di Kantor Balai, tim langsung bertemu dengan staff Taman Nasional untuk kemudian melakukan penanganan elang yang dimaksud. Tim menjumpai ada 2(dua) ekor Elang Alap Jambul yang ternyata satu ekor sudah mati. Dari penampakan bukti elang yang mati diperkirakan waktu mati elang tersebut sudah sekitar dua minggu yaitu dengan bukti elang yang sudah kering. Dari pengecekan yang dilakukan, kondisi elang yang masih hidup dalam keadaan cukup baik. Sedangkan dari segi umur elang tersebut masih immature.

Setelah administrasi persuratan penitipan sementara selesai dilakukan tim langsung berangkat menuju Suaka Elang yang berada di Loji yang masuk dalam wilayah Resort Salak I Balai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Sesampainya di Suaka Elang Pukul 10.30WIB elang tersebut langsung dimasukan ke kandang Transit untuk kemudian dilakukan penanganan Medis. Selanjutnya selama berada di kandang transit elang akan terus di pantau perkembangan perilakunya.

Advertisements