Perburuan Penyu masih marak

Mungkin hal semacam ini memang sudah terjadi sejak dulu. Di Bali, penangkapan penyu untuk keperluan Upacara adat yang mengharuskan menggunakan Penyu menjadi pemicu terjadinya perburuan Penyu di pulau Dewata itu. Banyak Lembaga Swadaya Masyarakat yang akhirnya merasa Prihatin dan mulai melakukan penyuluhan kepada masyarakat sekitar kawasan yang menjadi tempat penyu-penyu itu bertelur.

Photo: Kompas/Lucky Pransiska

Penangkapan penyu ternyata bukan hanya untuk keperluan upacara adat saja. Di Pacitan, perburuan penyu untuk di perjualbelikan dan telurnya untuk di konsumsi juga menjadi pemicu menurunya populasi penyu di kawasan Pantai Pacitan. Selain telur, daging Penyu juga di konsumsi.

“Pemerintah harus secepatnya turun tangan mengatasi masalah ini,” kata Hadi Arto Asmuni, tokoh nelayan Pacitan, Minggu (20/12/2009). seperti yang dilansir Kompas hari Minggu 20 Desember.

KOMPAS/C WAHYU HARYO PS

Penangkapan Penyu biasanya dilakukan pada bulan-bulan dimana Penyu-penyu itu mendarat ke pantai untuk membuat sarang dan bertelur. Masyarakat di kawasan pantai tersebut saat ini sudah mulai waswas dan cemas kalau penangkapan terus berlangsung dan tidak ada tindakan hukum yang serius makan dalam beberapa tahun kedepan Penyu-penyu tersebut akan hilang dari habitatnya.

Seharusnya Pihak pemerintah dalam hal ini Departemen Kehutanan melalui UPT-nya dan Pihak Pemda terkait bisa lebih gencar lagi menangani kasus ini. Jika hal ini terus dibiarkan maka kekhawatiran yang terjadi pada Hadi akan benar-benar terjadi.