Ikut Menjadi Orangtua Asuh Elang Jawa

Elang Brontok di kandang perawatan

Ikut berpartisipasi dalam upaya Konservasi Satwa Liar yang ada di indonesia tidak harus menjadi aktivis satwa liar yang gemar dan rajin melakukan demo Hentikan perdagangan satwa liar dan semacamnya. Indonesia saat ini sudah memiliki beberapa Fasilitas Pusat Rehabilitasi dan Pusat Penyelamatan Satwa. Tempat-tempat itu dibangun untuk menjawab kebuntuan mengenai permasalahan satwa liar saat ini. Dengan adalanya lembaga-lembaga tersebut diharapkan pelestarian satwa liar di indonesia bisa lebih baik lagi.

Suaka Elang adalah Pusat Rehabilitasi dan Sanctuary(rumah akhir satwa yang tidak bisa di lepas lagi ke habitatnya) yang di resmikan pada tanggal 25 November 2008. Di tempat tersebut saat ini ada 6 Ekor elang yang merupakan hasil penegakan hukum yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam melalui pertiban di Pasar-pasar burung di Kawasan jakarta dan sekitarnya termasuk Jawa Barat.

Untuk tetap bisa berjalan dan elang-elang tersebut tetap bisa hidup diperlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk satu elang dibutuhkan dana sebesar Rp. 5.500.000,- setiap tahunya dan jika dikalikan total elang yang ada berarti sekitar Rp. 33.000.000,-. Itu bukan uang yang sedikit.

Dalam perjalanannya, semenjak diresmikan, Suaka Elang sudah berhasil melepasliarkan kembali dua ekor elang yang terdiri dari 1 Elang Jawa(Spizaetus bartelsi) dan Elang Alap Jambul(Accipiter trivirgatus) pada bulan Agustus dan Oktober. Dari dua yang dilepasliarkan merupakan Elang yang hanya hidup di Pulau Jawa. Selain itu, elang jawa juga dipercaya sebagai Symbol Negara Republik Indonesia.

Nah, yang jadi permasalahan saat ini adalah,.. apakah kita rela kalau elang yang mejadi lambang negara kita itu Punah tanpa bekas?.. yang ada hanya tinggal cerita dongeng belaka?…

Anda semua bisa ikut berpartisipasi dalam Upaya Konservasi dan pelestarian Elang Jawa dan elang-elang yang lainya dengan Menjadi Orangtua Asuh bagi elang-elang yang ada di Suaka Elang Saat ini. Dengan mengadopsi elang yang ada anda sudah menjadi orang yang berjasa besar terhadap pelestarian elang jawa.

Untuk yang berminat menajadi orangtua asuh informasi selengkapnya dapat Mendownload:Proposal Adopsi Elang (Suaka Elang)pdf.

Informasi lebih lengkap dapat menghubungi;

Direktur Suaka Elang: Gunawan, S.si. Alamat email; gunawan215@yahoo.com dan raptorsanctuary@gmail.com

Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan Kontak Person Sri Mulyati di alamat smadspider@yahoo.com

2 thoughts on “Ikut Menjadi Orangtua Asuh Elang Jawa

  1. wah, jadi pingin meluncur ke suaka elang bro.. tapi apa daya, tugas negara masih banyak yang harus diselesaikanūüėÄ
    keep in good work bro…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s