Hot News di Millist orang burung

Indonesia memiliki banyak ragam jenis burung. Di perkirakan sekitar 1900-an jenis burung ada di indonesia. Begitu juga dengan para pengamat burung. Indonesia saat ini memiliki bayak pengamat burung dengan nama Komunitas yang berbeda-beda. Pengamat burung lahir dari individu dan lembaga. Mulai dari Sekolah Menengah Atas hingga perguruan tinggi pun saat ini sudah tersebar hampir seantero Nusantara.

Beberapa tahun belakangan Para pengamat burung baik yang sudah bisa dibilang Mbahnya pengamat burung ada tempat ngariung dan berbagi informasi tentang perkembangan dunia perburungan yang ada di Indonesia. Mulai dari sekedar cerita hasil pengamatan, penemuan jenis, bagi-bagi foto sampai minta tolong ada di situ. SBI-Info namanya tempat itu. Sebuah Mailing List yang bisa dibilang beranggotakan cukup banyak untuk di Indonesia.

SBI-Info yang aku tahu adalah kependekan dari Sahabat Burung Indonesia-Info. Bukan hanya Mailing List tapi ada juga websitenya. Tanpa tahu sejarah bagaimana dan seperti apa Proses terbentuknya SBI aku dan mungkin juga kebanyakan teman-teman yang tergabung berpikirnya kalau mau tanya-tanya dan share informasi tentang burung ya di sbi-info itu. Penulisan artikel pun akhirnya ketika kegiatan itu bersama-sama dengan teman-teman yang tergabung di Millist aku sendiri mencantumkan nama Sahabat Burung Indonesia-Info tanpa berpikir apa dan siapa itu Sahabat Burung Indonesia-Info.

Minggu ini ada satu pesan masuk di Inbox akun Facebookku yang isinya Bahwa Penggunaan Nama Sahabat Burung Indonesia Info itu melanggar hak. Wow,.. apa dan dimana letak kesalahanya ya?,,,

Seperti yang aku bilang di atas bahwa aku sendiri tidak tahu bahwa itu melanggar. Yang aku tahu adalah aku bangga dan senang ketika menulis tentang kegiatan yang dilakukan bersama teman-teman Millist dengan mencantumkan nama tidak lain adalah ingin menunjukan bahwa Kita itu masih aktif ngamatin burung.

Sampai pada akhirnya ini menjadi Pembahasan di Mailing List yang sepertinya harus menjadi satu topik yang harus di perhatikan. Akan kemana tempat yang menjadi wadah pengamat burung amatir seperti saya ini pergi?. Beberapa orang berpendapat dan mengeluarkan idenya untuk mengganti Nama SBI-Info dengan nama lain yang tidak terikat dengan siapa pun tapi tetap Konsisten memayungi para pengamat burung amatir seperti diriku ini.

Memang, akan sangat di sayangkan sekali untuk meninggalkan apa yang sudah dibangun sampai saat ini. Dari ujung barat Indonesia sampai ujung Timur beberapa orang yang tetap kosern dengan pengamatan burung menggunakan media ini untuk berbagi sesama teman-teman yang satu Visi dan Misi.

Dan akhirnya pertanyaan apa akan berganti nama pun terjawab dengan terbentuknya sebuah Website burung-nusantara.org yang akan menjadi rumah baru bagi pengamat burung baik yang berjalan sendiri-sendiri maupun yang mempunyai Club. Apa ini jawaban yang kita tunggu selama ini?.. I hope,..

6 thoughts on “Hot News di Millist orang burung

  1. Tapi sampai sekarang website-nya masih belum terlalu berkembang mas.. apa bisa ya website ini menjadi wadah para pengamat burung indonesia?? Bukannya pesimis, tapi memang sulit untuk bisa mengembangkan sebuah web dan mailing list yang kecil menjadi suatu wadah bagi seluruh birdwatcher dari yang tua-muda, SD-Sarjana. Tapi, tak ada salahnya berharap dan berusaha. Kami para birdwatcher muda (maaf mas, bukan cuman SMA aja, yang masih SD juga ada lo!) juga akan berusaha untuk mengembangkan (atau minimal menyumbang ide-lah) kegiatan dan komunitas ini ^_^.

    Maju Terus Pengamat Burung Indonesia!!
    Panji Gusti Akbar

    Like

  2. @Panji: Emang sampai saat ini komunitas yang ada berkembang dan jalan sendiri-sendiri(rata-rata). Mungkin karena di indonesia belum ada yang memayungi mereka. Ibarata anak itu merasa tidak di perhatikan sama orang tua dan tidak punya rumah.

    Like

  3. Belum lagi para pengamat burung yang jalan sendiri-sendiri, akhirnya sebuah komunitas pengamat burung se-indonesia memang diperlukan untuk menyatukan mereka semua…

    Like

  4. burung-nusantara.org masih sedang dikembangkan, karena banyak tugas lain yang juga sama pentingnya pengembangannya terasa lambat, masih ngeraba juga cara membuat website dengan baik, maklum pemula.. harap bersabar.
    nanti setelah versi beta nya di rilis, semua masukan dari teman teman akan ditampung. toh web nya buat kitabersama..

    tunggu yaaa

    age

    Like

  5. @ Age,..
    Yups!!,.. tapi yang sekrang juga sudah bagus,.. sudah bida di akses sama teman-teman,… Mungkin yang Submit Yor Club mesti di tambah satu aplikasi untuk memasukan Link lembaga tersebut. Contoh kemarin waktu saya dan teman saya memasukan Info Raptor Indonesia pas mau masukin alamat webnya ternyata masih belum ada fasilitas untuk yang itu,..

    Salam
    Asman

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s