Pantai air Mati dan Pesona Burung airnya

Dara Laut

Terletak di kabupaten Ketapang dapat di tempuh dengan Mobil atau sepeda motor dari pusat Kota Ketapang sekitar 20 menit. Pantai air mati merupakan salah satu kawasan yang menjadi persinggahan burung-burung air baik yang lokal maupun yang migrasi.

Hari itu ketika baru menginjakan kaki di Kota Ketapang, Pak Yudo, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga di temani Pak Abdurahman kami langsung di ajak ke Pantai air mati. Lokasi itu lah yang menjadi tempat favorit teman-teman KBK(Kawan Burung Ketapang) untuk melakukakan kegiatan Asian Water Bird Census(AWC) setiap tahunya. Tahun ini mereka(baca: dinas dan KBK) melakukan kegiatan serupa yang melibatkan kalangan Anak SMA dan Fotografer.

Tujuan aku ke Ketapang bukanlah untuk survey Burung Air melainkan untuk survey Raptor Migran. Namun demikian, hari itu untuk menghilangkan penat setelah 7 jam berada di atas kapal dari Pontianak ke Ketapang, pak Yudo dan Pak Doy, panggilahn pak abdurahman, mengajak kami berempat ke Pantai Air mati untuk menikmati idahnya matahari terbenam(Sunset) dan burung airnya.

Untuk jenis yang kami jumpai ada Dara Laut Kecil, Trinil Pantai, Trinil kaki Hijau, Trinil Kaki Merah, Gajahan Besar, Gajahan Biasa, Gajahan Kecil, Cerek, Kuntu Besar dan Kecil, dan ketika mau pulang muncul Elang Bondol.

Untuk jenis-jenis burung hutan cukup beragam di lokasi itu. Teman-teman pasti gak akan kecewa kalau mengunjungi tempat itu. Justru akan kecewa kalau ke Ketapang tidak mampir ke Pantai Air Mati.

7 thoughts on “Pantai air Mati dan Pesona Burung airnya

  1. @ Nurussadad

    Terima kasih sudah berkunjung ke halaman saya yang acak-acakan ini. Kata2 Jangan sampe pekerjaan mengganggu Jalan-jalan itu keluar pada saat kami(pengamat burung) lagi pada ngumpul dan semuanya orang-orang yang suka jalan-jalan..

    Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s