Elang laut sungai Pematang Gadung

Ukuranya Besar. Masuk dalam golongan elang pemakan ikan. Warnna bulunya masih terlihat cokelat menandakan bahwa dia masih muda. Bertengger pada pohon kering yang menjulang tinggi di pinggir sungai Pematang Gadung seperti baru saja menyelesaikan perburuanya di sore hari.

Elang laut Perut Putih Haliaeetus leucogaster muda ini ditemukan dalam perjalanan pulang kami setelah mengunjungi daerah Danau Perendaman. Seperti yang aku bilang, dia sedang bertengger pada pohon kering yang tinggal menunggu waktunya roboh. Melihat dia sedang bertengger seperti reflek langsung menyuruh pengemudi speed boat memberhentikan lajunya yang sedang melaju kencang. Jepret,.. jepret,.. jepret,.. beberapa gambar berhasil terdokumentasikan.

Jenis yang umum

White-bellied Sea-eagle begitu nama inggrisnya jenis ini merupakan jenis yang sangat umum dan mudah di jumpai di lokasi ini. Lokasi ini memang lokasi yang sangat bagus untuk jenis elang pemakan ikan. Bukan hanya jenis ini yang bisa ditemukan dengan mudah. Selain jenis ini ada juga Elang Bondol Haliastur indus dan Elang Ikan Kepala Kelabu Ichthyophaga ichthyaetus yang juga dari golongan elang pemakan ikan. Mereka sama-sama menyukai daerah perairan.

Menurut informasi dari beberapa warga yang berada di pemberhentian terakhir sebelum ke danau perendaman kedua jenis yang terakhir terutama Elang Bondol yang juga di sebut sebagai elang merah itu sering mengunjungi dermaga yang dekat dengan warung dan menjadi tontonan sehari-hari bagi mereka. Hanya saja pada saat kami berada di tempat itu si elang tidak muncul.

Foto-foto inilah suguhan terakhir dalam perjalanan kami setelah berpanas-panasan di danau perendaman.

Mengetahui bahwa keberadaanya sedang di awasi oleh kami ber-enam akhirnya elang ini terbang menjauh meninggalkan kami karena merasa terganggu.

9 thoughts on “Elang laut sungai Pematang Gadung

  1. Nice picture….elang adalah salah satu hewan favorit saya, selain harimau sumatra dan singa afrika. Selain tangguh, cepat….juga tajam dan akurat. Setajan bidikan kamera anda. Salam!

    Like

  2. Elang memang burung yang keren, saya pernah memeliharanya…tapi sudah saya lepasin…nggak kuat kasih makannya..
    biarkan dia bebas mencari makan sendiri…

    salam,
    property 96

    Like

  3. Thanks for sharing fotonya mas.. Aku suka dengan elang, apalagi pas dia berburu ikan..
    ini di daerah mana mas? sungai pematang gadung itu di mana?
    biasanya elang di situ muncul pagi, siang ato sore?
    saya pengen moto2 elang nih..

    ##Bung Edy: Sungai Pematang gadung itu ada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Kalau lokasi anda ada di Jakarta anda bisa datang ke Pulau Rambut, Kepulauan Seribu. anda bisa moto2 elang laut disana dari menara pengawas. Biasanya pagi sampe siang jam 10an dan sore dari jam 2an sampe jam 5an. selamat bertempur##

    Like

  4. wah di kalimantan ya.. jauh amit. Saya di Surabaya. wah enak ya di jakarta ada pulau seribu yg masih ada elangnya… Saya pengen banget moto raptor, tapi di surabaya jarang ditemui

    ##Tau Pulau sempu gak? atau ke Taman Nasional Baluran saja. coba klik http://pratapapa81.wordpress.com##

    Like

  5. his sharp eye can always make me inspiration to pobud think optimistic. I like her eyes, her valor, and just the things that relate to it all. hopefully could be a symbol of the eagle people who love the eagle.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s