Menengok Elang Jawa di Kawasan Tapos, Sukaharja

Bersama teman-teman yang sedang melakukan kegiatan survey distribusi Elang Jawa Spizaetus bartelsi saya ikut berangkat hari kemarin. Kebetulan sedang libur dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Kami berangkat berempat menggunakan sepeda motor menyusuri jalan berbatu yang lumayan membuat pinggang sakit apalagi di tambah dengan tas yang berisi alat-alat pengamatan.

Lokasi yang di survey pada saat saya ikut adalah Kawasan Tapos, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Lokasi tersebut merupakan kawasan yang sudah dari tahun 1997 di jadikan site penelitian elang jawa karena lokasi hutanya yang masih bagus dan keberadaan elang jawanya masih bisa dibilang juga bagus.

Saya sendiri menjadikan lokasi tersebut menjadi lokasi favorit saya untuk pengamatan elang jawa.

Sampai di lokasi sekitar jam sembilan. Untuk mencapai lokasi pengamatan yang strategis dengan jangkauan pandang yang luas ternyata mampu membuat saya ngos-ngosan. Jalanan yang menanjak dengan beban alat yang saya bawa mampu membuat napas saya tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi tidak apa. Karena begitu sampai dilokasi langsung di sambut 2 individu Elang Hitam Ictinaetus malayensis yang sedang soaring(terbang berputar) yang kemudian disusul 2 individu yang lain.

Elang Jawa yang menjadi target survey ternyata masih belum keluar dan baru terlihat sekitar jam sebelasan. Pertama yang keluar adalah individu dewasa yang kemudian di susul oleh individu dewasa. Jarak dari lokasi kami berdiri cukup jauh tapi masih bisa di identifikasi dengan bantuan Spoting Scope yang kami bawa. Selama satu hari pengamatan setidaknya empat individu elang jawa berhasil teramati.

Photo Elang Hitam

Pada saat kami sedang asik ngobrol mendiskusikan beberapa hal tiba-tiba dari arah samping datang satu individu elang hitam dewasa yang terbang cukup rendah. Elang hitam itu terbang dengan jarak yang membuat kami mampu melihat warna paruhnya yang kuning dan tungkai kaki yang kuning pula yang menjadi ciri atau tanda bagi pengamat untuk megidentifikasi jenis ini. Kebetulan di depan saya ada kamera yang memang sudah di sediakan dari awal langsung membuat saya tidak boleh melewatkan untuk memotretnya.

Klik gambar untuk melihat dalam ukuran besar:

6 thoughts on “Menengok Elang Jawa di Kawasan Tapos, Sukaharja

  1. wah asyik bener bisa pengamatan elang. Kok di daerah jawa barat banyak elang ya?
    di surabaya sangat susah untuk mengamati elang.. apalagi elang laut…
    mungkin ada rekan dari surabaya ato jatim yg pernah mengamati elang di daerah jawa timur..

    thanks ya udah sharing

    ##bung edy: Kalau di Jawa Timur ada teman-teman saya di LSM Rhizophora, Malang yang rutin melakukan pemantauan Elang Jawa di Tahura R. Suryo. Atau coba hubungi teman-teman pengamat burung Pecuk atau coba cari infonya di Group Facebook “sarang burung surabaya”##

    Like

  2. mas kalo bole tolong emailin no hp teman anda di lsm rhizophora.. Tahura R Suryo itu di mana? Saya ingin sekali moto2 elang..

    ##Terima kasih mas atas apresiasinya,..silahkan cek di email mas edy#

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s