Dua burung migrant di temukan di Kebun Raya Bogor

Phylloscopus borealis © Robin Newlin

Burungnya kecil. Warnanya bagian perut putih terang dengan alis Kuning. Burungnya lincah loncat dan terbang dari satu dahan ke dahan lain, dari satu pohon ke pohon yang lain. Kadang seperti terjatuh dari pohon padahal dia sedang mengejar serangga yang jatuh dari daun yang sengaja dia ganggu.

Namanya Cikrak Kutub. Mempunyai nama Ilmiah/latin Phylloscopis borealis dan Nama inggris Arctic Warbler Menurut informasi dari buku panduan pengamatan burung Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali jenis ini merupakan pengunjung musim dingin dari Asia Timur ke Asia Tenggara termasuk indonesia. Jenis ini untuk di wilayah Sunda Besar terutama di Jawa Barat merupakan pengunjung yang umum pada musim-musim dingin. Namun demikian, informasi yang ada dalam buku panduan tidak di sebutkan waktu yang memang rutin digunakan untuk bermigrasi. Hanya disebutkan jenis ini melakukan migrasi ke selatan pada musim dingin dan kembali lagi ke Asia Timur untuk berkembang biak. Tidak di sebutkan setiap bulan apa burung ini datang ke indonesia.
Perjumpaan dengan jenis-jenis tertentu terutama untuk jenis burung migran, apalagi jenis Passerine, merupakan informasi yang penting sehingga diharapkan dapat menambah informasi perburungan di indonesia.
Pengamatan bersama Imam, Alek, Batak dan Sukma seperti bukan pengamatan. Kami lebih banyak jalan daripada ngamati burung. Tapi inti dari pengamatan kali ini adalah untuk mengisi waktu kosong di hari minggu daripada bengong di Kosan ga jelas juntrungane,.. alhasil, satu jenis passerine migran masuk dalam catatan list burung di kebun raya bogor.

birdskorea.org

Sikatan Mugimaki Ficedula migimaki
Pada pertengahan bulan Februari, di tempat yang sama yaitu di kebun raya bogor bersama dengan teman ketika pengamatan juga ditemukan satu jenis Passerine Migran. Sikatan Mugimaki itu kami temukan sedang bertengger di pohon bambu.  Burung dengan nama Ilmiah Ficedula mugimaki ini juga dalam bahasa inggris Mugimaki Flycatcher  ini tersebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Maluku untuk wilayah Indonesia. Pengunjung musim dingin yang umum di Sunda Besar dan umum di jumpai di Jawa Barat.

all Photos by: www.birdskorea.org

2 thoughts on “Dua burung migrant di temukan di Kebun Raya Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s