Kebun Raya Bogor Habitat Burung di Tengah Kota 1000 Angkot

library.thinkquest.org

Kebun Raya Bogor sudah sejak lama menjadi tempat wisata alternative bagi masyakat Bogor dan Sekitarnya. Bahkan kalau dilihat dari sekian banyaknya pengunjung yang datang setiap akhir pekan bisa dibilang lebih banyak pengunjung dari luar Bogor.

Ide terbentuknya Kebun Raya Bogor yang bisa kita nikmati saat ini tidak lain dan tidak bukan adalah ide dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raflles pada tahun 1800-an yang pada saat itu menempati Istana Bogor. Nah, dikarenakan sang jenderal sangat menyukai dan tertarik dalam bidang botani maka di kembangkanlah halaman istana menjadi sebuah kebun yang cantik.Dengan bantuan para ahli botani, W. Kent, yang ikut membangun Kew Garden di London, Raffles menyulap halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik. Inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya sekarang.

Nah, ada apa saja di Kebun Raya Bogor?..

Di kebun raya bogor di kembangkan sebuah Herbarium, Museum Zoology yang dapat kita kunjungi dan belajar tentang Fauna Indonesia, Laboratorium Botani dan Kebun Percobaan.Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai (Amorphophalus titanum) karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan dan Pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai sekarang.

Habitat Burung

Selain tumbuhan yang banyak di jumpai di kebun raya bogor, bagi para pengamat burung kebun raya bogor manjadi salah satu lokasi di tengah hiruk pikuk kota bogor dengan seribu angkotnya untuk bertemu dan melakukan pengamatan burung. Beragam jenis burung kicau dapat di temukan di Kebun Raya Bogor seperti Cucak Kutilang Pycnonotus aurigaster, Merbah Cerucuk Pycnonotus goiavier, Kepudang Kuduk Hitam Oriolus chinensis, Cabe Jawa Dicaeum trochileum, Cinenen Pisang Orthotomus sutorius, Sirgunting Dicrurus sp dan masih banyak lagi. Bahkan Kebun Raya Bogor juga menjadi lintasan burung-burung yang bermigrasi dari lain benua di utara seperti Cikrak Kutub Phylloscopis borealis, Sikatan Mugimaki Ficedula mugimaki untuk jenis Passerine-nya. Dan juga yang tak kalah menarik lagi adalah untuk Jenis-jenis burung pemangsanya atau Burung Elang. Kebun Raya Bogorjuga menjadi lintasan Raptor Migran seperti Sikep Madu Asia Pernis ptilorhynchus orientalis, Elang-alap Cina Accipiter soloensis dan Elang-alap Jepang Accipiter gularis yang melakukan migrasi dari benua bagian utara ke selatan yang bisa kita lihat pada bulan Oktober hingga November.

Bagi warga Bogor mempunyai Kebun Raya merupakan kebanggaan sendiri yang bisa di banggakan jika ada ornag yang menanyakan “Bogor punya apa sih dan yang istimewa dari bogor selain angkotnya yang banyak itu apa?”… dan jawaban yang bisa di banggakan adalah ” Lho,. kita punya kebun raya bogor yang bisa dijadikan kunjungan wisata pendidikan. Selai itu juga bisa dijadikan sebagai paru-paru kota bogor dan sekitarnya”.. Berbanggalah bagi warga bogor yang mempunyai hutan kota yang bisa sewaktu-waktu di kunjungi. Tidak jauh beda juga buat warga pendatang seperti saya yang kebetulan senang mengamati Burung di alam bebas Kebun Raya Bogor menjadi andalan ketika ada teman yang kebetulan sedang ada di bogor dan ingin pengamatan burung, lokasi yang menjadi tujuan kami adalah Kebun Raya Bogor. Selain aksesnya yang di tengah kota burungnya juga lumayan banyak.

6 thoughts on “Kebun Raya Bogor Habitat Burung di Tengah Kota 1000 Angkot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s