Seri Buku Panduan Burung sulit di Peroleh

Beberapa tahun belakangan ini pertumbuhan dan munculnya pengamat-pengamat burung sangat pesat perkembanganya di Indonesia. Kebutuhan akan alat sebagai daya dukung eksistensi pengamat burung pun sangat di butuhkan. Salah satunya adalah Buku Panduan Lapangan Burung-Burung yang ada di Indonesia.

Buku Panduan bagi para pengamat burung pemula sangat-sangat di butuhkan layaknya sebuah Kitab yang sangat di butuhkan oleh sebuah perguruan yang baru berdiri.

Tahun terakhir cetak buku Seri Buku Panduan Panduan lapang Burung-Burung di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali kalau tidak salah adalah tahun 2000 yang di terbitkan oleh LIPI dan Birdlife International Indonesia Program. Keluhan teman-teman yang satu hoby sering terdengar di tiap event perburungan di Indonesia. Dan, pada akhirnya teman-teman berupaya memperbanyak buku-buku tersebut dengan menggandakan sendiri yang sudah barang tentu tahu resiko yang akan di timbulkan.

Pulau Jawa adalah pulau dimana pertumbuhan pengamat burung bisa dibilang sangat pesat. Event-event lomba pengamatan burung dalam satu tahun bisa di adakan di berbagai tempat di Pulau Jawa. Namun demikian, sering pula beberapa pengamat burung pemula kesulitan dilapangan dikarenakan tidak adanya buku panduan itu.

Pada akhirnya, ketika daerah memiliki sumber daya manusia yang memadai dan sanggup untuk membuat buku panduan di daerahnya masing-masing pun berinisiatif untuk membuat buku panduan burung-burung yang ditemukan di daerahnya. Salah satu contoh adalah di Taman Nasional Karimun Jawa dan Taman Nasional Baluran yang menerbitkan satu buku panduan burung di kawasannya masing-masing di dukung dengan Foto-Foto burung yang memang ada di Lokasi Tersebut.

Pembaruan sumber daya alat yang mendukung dipastikan akan menjadikan sebuah komunitas itu berjalan dengan baik. Terbitnya buku panduan sangat dinantikan oleh pengamat-pengamat burung yang kini mulai tumbuh pesat di bumi indonesia. Kesulitan mendapatkan buku tersebut dirasakan hampir oleh semua kalangan pengamat burung.

Beberapa tahun lalu ada survey melalui quetioner yang di sebar memalui media mailing list pengamat burung sempat menjadi harapan besar bahwa buku panduan akan segera terbit dan para pengamat burung muda akan mudah mendapatkanya. selepas itu, kabar mengenai hasil survey dan kapan terbitnya buku yang sangat dinanti itu seperti hilang tanpa kabar. Akhirnya, kekecewaan di antara teman-teman pun muncul.

Perntanyaan yang selalu muncul adalah, “Yang berhak menerbitkan itu siapa sih?”,… “Memangnya ga ada ya yang mau mendanai?”,… “Kapan bukunya akan terbit lagi?”..

Itu yang sering  di dengar. Bahkan ada yang nanya “kalau mau beli buku SKJB dimana ya?”. dan jawabanya “Udah ga ada!”. Tegas!

7 thoughts on “Seri Buku Panduan Burung sulit di Peroleh

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya termasuk yang secara sadar namun terpaksa melakukan pelanggaran hak cipta.
    hehehehehe,
    salam kenal

    Like

  2. Kalau aku sih punya pikiran SKJB-nya MacKinnon, dkk. itu enggak perlu dicetak lagi, udah enggak up to date… Kalaupun mau, ya revisi (mengingat perkembangan ornitologi Indonesia dewasa ini).
    Atau, buat baru…

    ##BETUL BANGET MAM,.. BANYAK YANG HARUS DI REVISI. BANYAK ANAK JENIS JUGA YANG HARUS DI TAMBAHKAN##

    Like

  3. mirip2 imam,
    gak perlu dicetak lagi, maksudnya gak perlu susah2 cari penerbit yang mau nyetak, karena biar para pengamat2 burung sendiri yang mencetaknya. dengan cara dan alat yang mereka miliki. wong pada dasarnya buku itu gratis.
    pun LIPI sama BI pasti sama2 ngeyel punya gak cetak dan distribusinya, daripada kerengan dewe2 mending cetak dewe. tinggal sapa ne yang rela membuatkan buku itu dalam bentuk e-book lalu disebar GRATIS…TIS..TIS…

    ##YOI MASBRO,.. DALIHNYA PIHAK PEMANGKU DI INDONESIA LAK RA NGONO IKU,.. HEHEEEE,.. WINGI CAK LONDO CERITA JARENE AREP CETAK SIN SKJB TAPI NON REVISI,. PAYAH##

    Like

  4. salam kenal kak, saya senang dengan tulisan kakak, lugas, apa adanya dan gaya penyampaiannya juga sederhana, sehingga mudah dimengerti, hem patut dicontoh neh.. terus berkarya ya kak.. sukses selalu.
    @ ansav juni Indonesia.

    Like

  5. Salam Kenal.
    Ada kabar baik untuk teman-teman yang gelisah akan kehadiran “Buku Panduan Lapangan Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan”.
    Burung Indonesia sudah Luncurkan Edisi Cetak Ulang Buku Panduan Lapangan
    “Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan (Termasuk Sabah, Serawak dan Brunei Darussalam)” Sabtu, 17 Juli 2010 di Kebun Raya Bogor.
    Burung Indonesia dan Bas van Balen berusaha melengkapi edisi cetak ulang ini dengan menerbitkan secara terpisah revisi informasi dari buku panduan lapangan Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan berikut tabel daftar jenis lengkap burung-burung di Indonesia.
    Keterangan lebih lanjut, bisa hubungi :
    Burung Indonesia
    Jl. Dadali No. 32, Tanah Sareal, Bogor
    P: (0251) 8357222 ext. 107
    M: 0815 11492 840 (Yoppy Hidayanto)
    E: y.hidayanto@burung.org

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s