Gethuk Goreng Oleh-oleh khas dari Sokaraja-Banyumas

Saya yang terlahir sebagai anak yang berasal dari kota yang mempunyai makanan khas seperti Mendoan dan Gethuk Goreng harus bangga.

Yogyakarta boleh punya bakpia, Semarang punya lumpia, tapi Sokaraja punya getuk goreng. Sokaraja merupakan kota kecil yang  terletak sekitar 7 km timur Kota Purwokerto, kabupaten Banyumas.  Kota yang masyarakatnya menggunakan bahasa Jawa dengan dialek Banyumasan atau ngapak ini memang dikenal sebagai pusat oleh-oleh getuk goreng. Bagi anda yang pernah melewati jalur utama selatan Jakarta-Bandung-Jogjakarta-Wonosobo anda akan menjumpai toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan.  Salah satu kawasan yang menjadi pusat oleh – oleh ada di disepanjang Jl. Jenderal Sudirman Sokaraja.

Biasanya saat musim liburan sekolah, tahun baru, natal dan menjelang atau sesudah lebaran, kawasan ini ramai dipadati wisatawan yang ingin membeli getuk goreng sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Getuk goreng memang cocok untuk oleh-oleh karena dapat disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari.

Gethuk Goreng Sokaraja ini dipelopori oleh Almarhum Sanpirngad pada tahun 1918. Gethuk Goreng ini dibuat dari singkong. Cara membuatnya sangatlah mudah. Singkong yang gembur ( kalau dimasak akan menjadi mekar ) di cuci dan dikukus sampai matang, lalu kemudian ditumbuk halus dengan dicampur gula jawa, parutan kelapa, garam, dan vanili sampai rata. Setelah itu dibentuk kecil – kecil lalu dicelupkan ke dalam adonan beras atau terigu dan ditambahkan sedikit garam lalu digoreng dengan minyak kelapa. Gethuk yang sudah jadi akan dibungkus di dalam pithi ( kemasan dari anyaman bambu ).

Bahan:

  1. 1 kg Singkong, kupas dan buang sabut tengahnya.
  2. 250 gr gula jawa, iris halus
  3. 75 gr tepung beras
  4. 1 sdm terigu
  5. Garam
  6. minyak goreng

Cara membuatnya:

  1. Potong-potong singkong dan rebus atau kukus hingga masak.
  2. Gula jawa dengan sedikit air direbus hingga lumat dan tercampur rata.
  3. Panas-panas lumatkan singkong dan beri gula sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Ratakan singkong di atas nampan, setebal 2 cm dan potong-potong kotak 4 x 5 cm
  5. Campur tepung beras, terigu, garam, dan air secukupnya hingga menjadi adonan yang agak kental.
  6. Panaskan minyak dan celupkan getuk ke adonan terigu sebelum digoreng.
  7. Goreng hingga kekuningan dan angkat.

Sumber resep: Bisnis UKM

21 thoughts on “Gethuk Goreng Oleh-oleh khas dari Sokaraja-Banyumas

  1. Kelihatannya yummy, bro. Asik kalau dimakan sambil minum teh sore. Salam sukses.

    **Iya Pak,.. sore-sore sambil ngeteh makin maknyus aja,.**

    Like

  2. Wah, kayaknya perlu dicoba neh.. Baru pernah nyobain getuk yang biasa aja..🙂

    **Ayo Miftah,.. berkunjunglah ke Purwokerto dan rasakan kenikmatan si Gethuk Goreng**

    Like

  3. wahahahaha… dunia manuk ki opo wes quo vadis? kok banting setir dadi koki ngono bro?

    ##masbro swiss,… bukane ngono masbro,.. koyok’e menarik ae lek iso berbagi resep makanan khas daerah sendiri,.. lha pean mbok masang resep apel malang ndek blog,.. hehehee##

    Like

  4. Wah kang Asman, kemarin saya nyobain dan ternyata enak banget!!! Hehe… Khas Sokaraja, maknyus tapi bikin seret (kebetulan nggak bawa air dan minyaknya bener2 lengket…)

    #Panji: Getuk goleng yang emang gitu,.. makanya kalau mau makan halus sedia ail,..# hehee

    Like

  5. meskipun bahan dan cara pengolahan sudah di sebutkan di atas,tapi msh ada resep getuk goreng yg tdk di ketahui selain dari keturunan mbah Sanpingad jadi rasa tetep aja beda.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s