SKJB Baru, Apa Komentar Mereka?

Sebuah kegembiraan menghampiri banyak teman-teman pengamat Burung di Indonesia. Tertama mereka yang sedang mencari buku panduan burung Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

Cover Baru, Buku Lama

Survey mengenai perlu tidaknya diterbitkan kembali buku tersebut sudah dilakukan dari tahun-tahun lalu. Sebuah harapan besar pada saat itu menggelayut di dalam diri teman-teman yang sedang pusing mencari-cari buku tersebut.

Bulan Juli lalu, di Kebun Raya Bogor, Buku baru telah di launching. Artinya, buku baru yang selama ini di nanti telah terbit dan bisa diperoleh dengan mudah. Harga diskon bagi yang ikut acara launching buku tersebut. Untuk menghindari peserta memborong buku yang sangat dinanti itu pun akhirnya dibatasi.

Yang Baru Masih Yang Lama

Baru tapi Lama. Itu adalah kata yang tepat untk mengomentari buku yang baru saja launching itu. Bedanya sekarang ada buku kecil yang memuat beberapa perubahan penamaan dan distribusi. Walau tidak semua.

Lalu apa komentar kata mereka yang selama ini sabar menunggu lahirnya buku baru?…

Ternyata banyak di antara mereka yang membeli merasa kecewa. Harapan ada revisi mapun penambahan jenis dan sub-jenis yang belum masuk di cetakan sebelumnya ternyata tidak ada di Terbitan yang baru. Teman saya ada yang bilang dan  nulis di Blog diaBuku SKJB Haram direvisi“.Kemudian teman jogja nulis di blognya dengan judul”MacKinon dkk 2010, Baru tapi lama

Iseng membuat pertanyaan di Facebook dengan memasang Cover buku yang baru yang dikasih tulisan” Buku Burung SKJB Telah terbit,… Sudah lihat perbedaanya?”,..

“Bedanya…sekarang berlogo “Burung Indonesia”…Baru tau kalo t ernyata butuh waktu 10 tahun agar bisa ganti logo…wkwkwkwk…”. Kata temen dari Jogja.

“Ga ada bedanya!”. Kata yang dari surabaya.

Ada lagi yang di Kalimantan Komentarnya”setuju,,,, beberapa jenis banyak yang record baru n belum tercatat di Mackinnon walapun untuk field guide yang lain udah ada  Myers (2009) & Phillipps’s field guide (2009)”.

Yang komentarnya panjang dan keren adalah “aku ngerti bedane! lek sing anyar iku sik apik kinyis2, lek sing lawas kaya nggonku wes protol kabeh hahahaha….
tapi paling nggak, buku anyar iki cukup femonenal, jadi pembicaraan banyak orang, ngebak2i notifikasi, dadi rebutan, tur yo dad…i bahan pisuhan hahahaha…
tapi salut karo BI wes gelem nyetak meneh. perkara isine podo ae berarti pancen sing pinter ki ngko sing nganggo, ora usah bergantung banget karo SKJB, lek pancen ono sing berubah digoleki dewe datane, dicatet sukur lek gelem mbagi karo kancane… wes ben. nek sing duwe kuasa ngrevisi gak gelem ngrevisi yo direvisi dewe2 karo sing duwe…suk 5 tahun meneh SKJB resmi dimakzulkan soale kabeh wes pinter2, sukur lek wes ono buku tandingan SKJB masio lokalan

“kirain catetan tambahannya ada di dalem buku ini, ga taunya terpisah jadi buku sendiri, jadi ga ada bedanya deh”. Kata temen yang dari UI.

Banyak kekecewaan yang menghampiri kawan-kawan pengamat burung yang selama ini berharap bahwa akan ada perubahan didalam buku yang lama. Penantian kurang lebih 10 tahun setelah cetakan sebelumnya ternyata sama saja. Bedanya kalau yang baru masih kinclong, kinyis-kinyis, belum ada noda tanah maupun getah pohon akibat dibawa blusukan mlebu alas…

3 thoughts on “SKJB Baru, Apa Komentar Mereka?

  1. sudah menunggu lama, katanya ada yang baru…tapi pas dilihat-lihat (lihat sebelum membeli) ternyata sama saja…jadi kecewa sya….nggak jadi beli deeh….hehehehe

    **Hahahaha,… gitu ya nji,… mangkane aku jga ndak ma beli,.. toh sama aja dengan yang lama**

    Like

  2. sik durung puas misuh neng FB dilanjut neng blog hehehehe… ndang gawe edisi revisi dewe yo SKJB Perjuangan (Asman, 2011)😀

    ##kakakakakakak,…. ayo!! Asman and Swiss,2011##

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s