Bertemu Burung Migrant di Panaitan (Part 2-Habis)

 

Panaitan

Setelah berkegiatan di Blok Ciharashas, kami kembali ke Legon Butun untuk melakukan kegiatan survei di blok yang lain. Selama beberapa hari istirahat di Legon Butun untuk mengisi kekosongan waktu, saya mencoba untuk mencari jenis burung migran. Tentu saja dengan perlengkapan, seperti binokuler, monokuler dan kamera digital dengan pembesaran optical zoom tiga kali. Yang menarik perhatian saya adalah info dari salah satu petugas taman nasional. Ia menjumpai ratusan burung yang berbeda jenis berkumpul di Muara Cibariang!  “Pasti burung pantai migran, tuh Pak!” kata saya yakin.

Wili-Wili Besar

Untuk memastikan keterangan tersebut, saya mengajaknya ke lokasi. Di kunjungan pertama pada 2009, saya sudah yakin bahwa lokasi Cibariang menjadi lokasi persinggahan burung pantai karena saya menemukan Gajahan Pengala, Trinil Pantai dan Cerek Pasir Besar.  Benar saja, sesampainya di sana kami melihat banyak burung yang sedang beristirahat. Jenis burung pantai yang tidak terdapat di Blok Ciharashas, kini saya temukan di Blok Cibariang. Ada Cerek Kernyut/Pacific Golden-plover (Pluvialis fulva), Cerek Pasir Mongol/Lesser Sand Plover (Charadrius mongolus) dan satu jenis burung laut yaitu Dara Laut Jambul(Sterna bergii). Jenis lain yang menjadi daftar tambahan di Legon Butun dan Cibariang adalah Elang-alap Jepang/Japanese SparrowHawk(Accipiter gularis), Wili-Wili Besar /Beach Stone-curlew(Esacus neglectus) dan Kirik-Kirik laut/Blue-tailed Bee-eater (Merops philippinus). Pengamatan di Cibariang sore itu menambah daftar jenis burung migran untuk pulau panaitan. Untuk urusan dokumentasi, tanpa kamera DSLR saya masih mendapatkan hasil yang lumayan bagus dengan menggunakan teknik digiscoping.

Nah, karena di Pulau Panaitan masih banyak jenis burung yang belum teridentifikasi, siapa yang selanjutnya mau gali lebih dalam? Mungkin Anda?

Leave a Reply

