Migrasi Burung Pemangsa”Raptor”

Elang Alap Cina @ Baskoro

Apakah migrasi itu?
Migrasi adalah perpindahan atau penyebaran satwa liar pada musim tertentu dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makan atau berkembangbiak. Untuk benua yang memiliki lebih dari dua musim memiliki banyak satwa liar yang melakukan migrasi ketika terjadi perubahan musim maupun kondisi tempat tinggal mereka sehingga satwa liar yang tinggal di lokasi tersebut sulit untuk bertahan hidup karena sulitnya mencari makanan.

Migrasi Raptor, Raptor yang ber-migrasi di dunia di perkirakan sekitar 183 jenis atau setara dengan 62% raptor yang ada melakukan migrasi meninggalkan daerah berbiaknya karena terjadi perubahan iklim lingkungan yang ekstrim. Pada saat terjadi perubahan musim, raptor-raptor tersebut akan melakukan migrasi atau berpindah ke daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Rata-rata raptor yang melakukan migrasi ke indonesia adalah dari Benua Utara dan Timur ke Indonesia pada musim dingin yaitu September hingga November dan  dari Selatan(Australia) pada musim panas.

Breeding area and Wintering area @ KC, Lim

Pola Migrasi
Bildstein 2006 mengelompokan pola migrasi ini menjadi 3(Tiga) kelompok yaitu;

  1. Migrasi Penuh(Complete Mirants) dimana lebih dari 90% dari semua individu migrant meninggalkan Lokasi berbiak.
  2. Migrasi Tidak Lengkap(Partial Migrants) dimana kurang dari 90 % semua individu meninggalkan lokasi berbiak, dan
  3. Migrasi Lokal(Local migrants) yaitu pola pergerakanya disebabkan oleh perubahan lingkungan setempat dan tidak bisa diperkirakan sehingga kebiasaan migrasinya tidak teratur seperti dua pola sebelumnya.

Jalur Terbang

Bagaimana cara Raptor ber-migrasi?

Pada umumnya waktu yang digunakan raptor untuk melakukan migrasi adalah di siang hari. Di siang hari kondisi thermal(panas bumi) yang keluar cukup bagus sehingga akan memudahkan raptor melakukan migrasi karena selain menggunakan sayap raptor juga mengandalkan kandungan thermal di udara yang akan mendorong mereka ke atas dan meluncur. Jalur yang digunakan raptor bermigrasi adalah dari utara ke selatan dan selatan ke utara. Lalu bagamana dengan jalur yang digunakan raptor itu bermigrasi?. Raptor yang melakukan migrasi akan menggunakan jalur migrasi yang mereka gunakan setiap musimnya.

Selain itu, raptor yang bermigrasi juga menghindari selat atau laut yang cuup panjang dan luas karena biasanya di selat maupun laut kandungan thermal dan kondisi angin tidak menentu bisa berubah setiap waktu dan itu akan menyulitkan raptor menuju daerah tujuannya.

cara raptor menggunakan kandungan thermal

Pada siang hari di bawah kondisi udara yang panas akan naik meningkat. Dalam keadaan seperti itu biasanya raptor akan melakukan soaring(berputar) ke atas dan membuat lingkaran. Cara seperti itu akan dilakukan berulang-ulang dari satu thermal ke thermal lain sampai ke lokasi yang akan  di tuju.

Ilustrasi © KC, Lim 2009: Migrasi Raptor. Presentasi Rakernis RAIN 2009, Bandung.

Lihat juga di>> Raptor Indonesia

6 thoughts on “Migrasi Burung Pemangsa”Raptor”

  1. Ternyata Indonesia bukan hanya jadi tempat transit, tapi memang tujuan akhir migrasi para raptor itu ya…
    Kalau sudah di-wintering area, aktifitas mereka bagaimana sih, Man? Apa seperti burung pantai yang berkelompok dan mencari makan bareng2?

    Like

    • Sepertinya berbeda mam,.. tapi menurut info dari teman yang pada saat itu melakukan survey Elang Flores/Nisaetus floris pada saat Raptor Migrant itu melakukan wintering, di flores itu banyak banget jenis2 accipiter,.. memang, sampe saat ini belum ada yang bisa memastikan dipulau mana raptor-raptor itu tinggal,.. Tapi, kalau dilihat dari Papper N.Yamaguchi, et al.2008 erpertinya mereka sendiri-sendiri,..
      Tapi untuk kasus yang digunung salak February 2010 saya lihat 4 individu soaring bareng,.. dan sepertinya memang beda sama burung pantai yang berkelompok dalam jumlah besar,..

      Like

    • Rapto yang bermigrasi di Indonesia ada sekitar 19 Jenis,.. tapi yang paling umum dapat kita jumpai di indonesia ada Sikep Madu Asia, Elangalap Cina, Elangalap Jepang itu yang paling umum,…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s