Musuh Burung itu Kucing

Ilustration by: http://www.wpclipart.com

Adalah Anne L. Balogh, et al. 2011 yang telah mempublikasikan temuanya mengenai musuh bagi burung-burung di Amerika akhir-akhir ini. Ternyata kucing ikut berkontribusi sekitar 47 % ikut menghambat perkembanganbiakan burung liar di Amerika. Population demography of Gray Catbirds in the suburban matrix; sources, sinks and domestic cats adalah judul Journal yang di publikasi di The Journal of Ornithology itulah yang mengungkap fakta tersebut.

Copyright by Peter Massas

Sumber foto: en.wikipedia.org

Pasti pernah melihat film kartun Tweeti seekor burung peliharaan yang hidup dengan seekor kucing dengan nama Sylvester. Tweeti burung yang cerdik selalu mendapat gangguan dari Sylvester yang selalu mempunyai keinginan untuk menangkap tweeti menjadi santapanya ketika sang nyonya rumah sedang pergi.

Pycnonotus aurigaster

Atau, anda dan kamu semua ada yang pernah memelihara burung dirumah?.. Saya pernah punya pengalaman ketika sepupu saya(anak paman saya) memelihara Cipoh Kacat(Aegithina tiphia) atau yang orang kampung saya menyebutnya burung Sirdum dan Cucak Kutilang(Pycnonotus aurigaster) yang juga memelihara kucing Jantan. Si kucing hampir setiap hari selalu nongkrongin si burung dibawah sangkarnya dimana sangkar burung tersebut di gantung. Tentunya dengan tatapan mata yang penuh napsu ingin menyantapnya.

Nah, kalau di Amerika sana jenis kucing lokal yang mempunyai nama ilmiah Felis catus itu mengancam Burung Liar yang salah satunya adalah burung dengan nama Ilmiah Dumatella carolinensis dengan nama lokal Gray catbirds yang memiliki suara mirip suara kucing.

Berdasarkan data Smithsonian Institution, hampir 80 persen burung terbunuh oleh predator dan kucing bertanggung jawab terhadap 47 persen dari jumlah kematian burung tersebut. Kematian tergolong tinggi di pemukiman yang padat populasi kucingnya.(Kompas.com, 21 Maret 2011)

Hal serupa juga di ungkap American Bird Conservacy yang mengungkapkan hasil penelitianya sekitar 500 juta burung terbunuh oleh Kucing. Kemudian, menurut US Fish and Wildlife Service kematian burung lebih besar dipicu oleh Kucing dibanding dengan Kincir Angin yang hanya sekitar 440.000 ekor .

Nah, Kalau kucing garong burung apa yang sekiranya terancam akan keberadaan dia yah?.. wkwkwkwkwkk…

14 thoughts on “Musuh Burung itu Kucing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s