Gallinago media, si Penerbang Ulung

Great Snipe, Adult/ naturspesialisten.no

Beberapa hari yang lalu sempat baca di kompas.com tentang burung dengan nama Great Snipe(Gallinago media Latham, 1787) yang bisa terbang sejauh 6.500 km Nonstop tanpa henti dengan kecepatan mencapai 97 km/jam. Fakta mengejutkan itu terungkap dalam publikasi peneliti di jurnal Royal Society Biology Letters

Tapi jangan salah,.. Jenis ini merupakan jenis yang melakukan migrasi. Biasanya untuk jenis-jenis yang melakukan migrasi memang bisa terbang nonstop dalam satu hari tanpa henti. Hal tersebut kemungkinan untuk mempercepat waktu si burung mencapai lokasi yang dituju untuk menghindari perubahan musim di lokasi berbiaknya.

Burung ini diketahui berkembang biak di Rusia. Tercatat juga breeding di Polandia. Si penerbang ulung ini breeding pada bulan Mei pertengahan sampai July. Diketahui pada saat musim berbiak jenis ini ternyata hidupnya soliter atau menyendiri,.. Tapi disebutkan juga jenis ini merupakan burung yang mempunyai sifat Poligamy. Biasanya jenis ini mulai masuk musim berbiak pada saat mereka kembali dari lokasi wintering area mereka atau setelah musim basah.

Burung ini melakukan migrasi dalam jumlah yang sedikit sampe dalam jumlah yang besar.

Namun,. perlu di ketahui, jenis ini ternya statusnya mendekati keterancaman atau Near Threatened(Birdlife). Populasinya di perkirakan sekitar 500,000- 1,050,000 (Mature individuals).

Informasi lengkapnya disni: Species-Birdlife International

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s