Elang Ikan Kecil

Elang Ikan Kecil di Way Rilau/ April 2011

Nama Latin : Ichthyophaga humilis (S. Müller & Schlegel, 1841) >> Nama Inggris : Lesser Fish Eagle

Burung Elang yang masuk dalam kelompok elang pemakan ikan ini masih satu kerabat dengan Elang Ikan Kepala Kelabu Ichthyopaga icthyaetus. Jenis elang ikan yang lebih sering dijumpai dipinggiran hutan yang kondisi sungainya masih bagus ini masuk dalam Ordo Falconiformes, Familly Accipitridae, Genus Icthyophaga. Elang yang dalam bahasa Indonesia bernama Elang Ikan Kecil ini di Publikasi pertama oleh Salomon Muller dan Hermann Schlegel pada tahun 1841.

Burung ini berukuran sedang sekitar 60 cm memiliki bulu dengan warna kecoklatan. Warna abu-abu terlihat dari kepala, leher dan dada serta warna bagian perut putih. Dibandingkan Elang-ikan Kepala-kelabu jenis ini memiliki ukuran lebih kecil dan ekor gelap. Untuk individu remaja memiliki warna coklat lebih pucat dan tubuh bagian bawah kuning tua polos. Bagian warna iris atau lingkar mata kuning atau coklat dengan warna paruh abu-abu gelap. Kaki abu-abu.

Penyebaran 

Dari sisi sebaran burung elang ini tersebar sangat luas mualai dari kawasan Himalaya, Asia Tengara, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra dan Sulawesi.

Selama saya membaca dan mempelajari literature yang ada dan beberapa informasi yang ada sampai saat ini di Sumatera jeni ini umum dijumpai di sungai-sungai dataran renadah. Dilampung, saya hampir setiap hari selama 17 hari mengamati jenis ini selalu bertengger di pohon Aprika/Manii kering diatas genangan air bendungan batutegi dan mencari makan di sungai Rilau Besar. Begitu juga di Kalimantan, jenis ini masih umum dijumpai di sungai-sungai dan perbukitan sampai 1000an mdpl…

Habitat dan Kebiasaan

Menghuni hutan dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500an meter. Lebih sering ditemukan di pinggir sungai dengan kondisi air yang masih alami. Kebiasaan di alam elang ikan kecil akan bertengger disalah satu dahan di atas sungai sambil menunggu ikan yang muncul ke permukaan, menangpak ikan dari tenggeran dan membawa ke pohon dengan kedua kakinya. Menghabiskan waktu dengan berpindah-pindah tempat bertengger di pinggir sungai atau danau dan hanya sesekali soaring.

Makanan

Namanya juga elang ikan pasti makanan utamanya ikan. Cara berburu yang menarik dan biasa untuk jenis elang dalam hal menangkap mangsanya. Bergerak cepat dari pohon tempatna bertengger untuk menangkap ikan pada saat ikan muncul ke permukaan.  Bergerak cepat dari tenggeran yang dekat dengan aliran air ke permukaan air untuk menangkap ikan.

Meluncur,...

Perkembangbiakan

Seperti elang pada umumnya, sarang elang berukuran besar yang diletakan di pohon yang tinggi. Posisi pohonn sarang cenderung  dekat dengan aliran sungai. Jumlah telur 2-4 butir, informasi mengenai masa pengeraman dan anakan tumbuh dewasa belum tersedia.

3 thoughts on “Elang Ikan Kecil

  1. Pingback: Menemukan Keunikan Fauna di Way Rilau « Wong Suro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s