Radar Hill, Aku akan datang kepadamu,..

Radar Hill dan baza hitam

Radar hill adalah lokasi pengamatan rapto migrant yang sudah menjadi lokasi tetap bagi kawan-kawan di Thai Raptor Group setiap tahunya. Radar Hill sendiri yang masuk dalam pengelolaan Thailand Authority of Telecommunication and Royal Thai Army itu berada di Provinsi Prachuap Khiri Kan di Thailand bagian selatan.

Kalau tidak ada aral melintang maka pada tanggal 10 September sampai 13 November saya akan berada disana untuk ikut memantau para pengembara dari utara itu. Tahun kemarin saya mencoba iseng-iseng mengutarakan keinginan saya ke Dr. Chaiyan yang menjadi kordinator pemantauan disana kalau saya ingin sekali belajar disana. Dan, beberapa minggu yang lalu dapat konfirmasi kalau saya bisa berangkat ke sana.

Beberapa hal yang membuat saya ingin sekali berangkat kesana adalah, (1) dari sisi jumlah raptor yang melintas yang begitu banyak yaitu sekitar 23 jenis. (2) belajar lebih dalam teknik identifikasi langsung dilapangan dari jarak dekat. (3) Jenis yang melintas beberapa melintas di indonesia seperti Elangalap Cina, Sikep Madu Asia dan Elangalap Nipon dan ketingganya umum sekali di Jawa. Jadi untuk mempelajari ketiga jenis itu disana relative lebih mudah. dan masih banyak lagi alasan yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu.

Flocking Baza Hitam(Aviceda leuphotes) dan saya akan segera melihtanya,..

Lokasi yang jaraknya sekitar 450km dari bangkok itu setiap tahunya melintas puluhan ribu raptor migrant. Dari sisi jenis dan jumlah di dominasi oleh Black Baza Aviceda leuphotes, Elangalap Cina Accipiter soloensis, Sikep Madu Asia Pernis ptilorhynchus, Elangalap Nipon Accipiter gularis dan beberapa jenis Accipiter lainya. Dr. Chaiyan menuturkan kepada saya bahwa pada minggu-minggu kedua jenis elangalap cina dan elangalap nipon sudah banyak yang melintas dilokasi tersebut dan itu kesempatan bagus untuk belajar mengenai jenis mulai dari yang remaja sampai dewasa sangat mudah karena posisi pengamat dengan yang di amati sangat dekat sekali. hohoho,.. jadi tak sabar nih,..

Baza Jerdon(Aviceda jerdoni)

Radar Hill, i will be there soon,….

Lokasi Radar Hill dapat dilihat disini<< KLIK >>

5 thoughts on “Radar Hill, Aku akan datang kepadamu,..

    • walah masdab,… iki wae mergo di ongkosi ro Raptor indonesia(tiket) akomodasi di tanggung Thai Raptor Group,..

      yo sesuk mulih ko thailand tak dolen mbaluran,.. wkwkwk

      Like

Leave a Reply

