Lagi, Ngamatin Burung Di Kebun Raya Bogor

Gallery
Info
9 Comments
  • Sepertinya saya sudah lupa kapan terakhir pengamatan burung di Kebun Raya Bogor. Kalau saya tidak salah ingat terakhir saya masuk ke Kebun Raya Bogor pengamatan dan mendokumentasikan beberapa jenis burung disana sudah satu tahun yang lalu ketika mau ada evaluasi mengenai kegiatan pelatihan dan seminar migrasi raptor tahun lalu. Kalau pengamatan burung sebenarnya beberapa bulan lalu dalam satu bulan sih sudah beberapa kali, tapi di Jogja, bukan di Bogor. Dulu, biasanya bersama beberapa kawan yang ada di Bogor kami sering melakukan pengamatan burung di Kebun Raya yang bukan hanya jadi kebanggaan warga Bogor tapi juga Warga jakarta dan sekitarnya karena di saat akhir pekan selalu banyak pengunjung yang datang dari luar Bogor.

    Semalam (21/01/12) tiba-tiba ada rasa kangen pengen pengamatan di KRB sekalian hunting foto disana. Rasan-rasan (ngomong – ngomong) sama kawan akhirnya ada yang mau satu orang. Malamnya nyari tambahan orang lagi dan ada yang mau satu kawan yang juga seneng ngamatin burung. Hmmm,.. Di saat pikiran sedang tidak nyaman dengan keadaan yang bikin sumpek ngamatn burung ternyata bisa jadi solusi terapi yang bagus,.. i love it,..

    Berangkat menggunakan Sepeda Motor dengan satu Helm bikin jantung mpot-mpotan mengingat pak Polisinya tidak bisa melihat Plat Nomor luar bogor. Ada salah sedikit pasti langsung di suruh minggir,. maaf ya pak pulisi,. hehehe,.. Untungnya ada pengendara yang sama, yang di belakang tidak menggunakan Helm, itu cukup jadi modal keberanian saya dan Udin,. hoho,.. di bogor helm bukan untun keamanan berkendara melainkan buat aman dari polisi,.. hehehe,.. 

    Pas masuk kok sepi ya?.. ya iya lah wong masih pagi,.. jam enam pagi yang ada cuma beberapa orang yang berolahraga. Buat motret manuk pun masih agak gelap,.. ISO tinggi pun hasilnya masih kurang bagus. Hanya beberapa burung saja yang terlihat dekat tapi susah di Foto. Kipasan Belang Rhipidura javanica seolah menggoda saya dan Udin. Bercumbu di pohon sawo dengan ketinggian 1,5 meter dan pas di deketin dengan harapan bisa dapat gambar yang lebih bagus dan bisa Full Frame ternyata dianya langsung mabur,.. Ahhhhh,.. kurang beruntung,.. Yang ketangkep kamera semuanya blurrrr,.. Hasilnya mengecewakan,..

    Nah, pas Alek kawan saya yang satunya lagi bergabung bersama saya dan udin kebetulan cuaca sudah mulai terang dan beberapa burung terlihat asik mencari makan. Tiga individu Perenjak Jawa Prinia familiaris asik mencari material sarang. Meraka tidak menghiraukan ke-isengan kami bertiga. Jaraknya cukup dekat dan sepuasnya kami mengabadikan mereka frame demi frame. Tapi sayang settingan kamera yang saya bawa hasilnya kurang memuaskan dan alhasil hanya beberapa frame saja yang enak di lihat.

    Burung yang sangat umum dan gampang dilihat adalah Cucak Kutilang Pycnonotus aurigaster. Jenis ini seperti benar-benar melimpah di KRB. Saya sampai bosan melihat mereka. Satu lagi Tekukur Biasa  Streptopelia chinensis, jenis ini juga sangat buanyak di Kebun Raya.

    Oke kawan, saya tidak mau panjang lebar bercerita ngalor ngidul karena ini sudah menjelang Shalat Maghrib dan saya harus menyelesaikan kewajiban saya kepada yang maha agung Gusti Ingkang Maringi Kuripan, Allah Subhannahu Wata’alla,.. Selamat Menunaikan Ibadah Shalat Maghrib..

    List Burung Pengamatan di KRB Hari Ini;

    Pengamat: Saya, Andhy PS dan Udhin

    Dokumentasi Foto;

    About these ads
  • 9 thoughts on “Lagi, Ngamatin Burung Di Kebun Raya Bogor

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s