Sikep Madu Asia di Kepulauan Seribu

Siapa sangka bakalan nemuin Sikep Madu Asia (Pernis ptilorhyncus) di Pulau Untung Jawa. Selama ini catatan mengenai sikep madu asia di Kepulauan Seribu sendiri sangat minim sekali. Kalau di Jakarta sih iya, bahkan Ragunan dan RTH yang masih tersisa di Jakarta ada yang di jadikan sebagai peristirahatan di malam hari pada Spring Migration.

Tepatnya pada tanggal 18 Mei 2012 pada saat saya dapat kesempatan ikut bergabung bersama kawan – kawan tim survey burung laut di Teluk Jakarta. Pada saat kami bersandar di Pulau Untung Jawa untuk beristirahat dan Shalat Jum’at terlihat satu individu raptor yang terbang ke arah dimana kami berdiri. Tanpa menghilangkan kesempatan saya coba dokumentasikan raptor tersebut yang ternyata adalah Sikep Madu Asia.

Sikep Madu Asia di Pulau Untung Jawa tanggal 18 Mei 2012

Setelah bongkar – bongkar catatan beberapa tahun lalu ternyata ada dalam catatan saya satu individu pada bulan tanggah 4 April 2007 di Pulau Bokor. Kemudian Khaleb Yordan mendokumentasikan dengan sangat sempurna jenis yang sama di Pulau Kotok Besar skitar 43 Km ke arah utara dari pulau untung jawa.

Akhirnya ini menjadi pekerjaan kita untuk mengungkap status Sikep Madu Asia di Kepulauan Seribu apakan resident atau hanya pengunjung musim dingin seperti kebanyakan sikep madu asia pada musim dingin.

Sikep Madu Asia terdokumentasi oleh Khaleb Yordan di Pulau Kotok Besar tanggal 3 Mei 2011

2 thoughts on “Sikep Madu Asia di Kepulauan Seribu

  1. Hallo asman, saya tertarik dengan sikep madu asia!
    Bisakah kita sharing/berbagi info? Saya Fres, anak Pascasarjana IPB yang ingin mengambil tesis tentang burung ini!! ^____^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s