Owa Jawa dari Pongkor

Suaranya terdengar hingga berkilo – kilometer memecah pagi yang dingin di Kawasan Gunung Salak. Suasana hilir mudik mobil proyek PT. Aneka Tambang di daerah Pongkor tidak lantas menjadi gangguan makan pagi keluarga Owa dengan nama Ilmiah Hylobates moloch ini. Dia bergelantungan pada dahan pohon buah dan nampak anaknya di pohon lain yang tidak terlalu jauh jaraknya dari dia. Hampir setengah jam saya, Alek dan Udin menyaksikan Primadona tanah Jawa ini menikmati makan paginya. Tapi kesempatan langka itu tidak lama. Kesempatan itu hanya menghasilkan beberapa frame yang masih belum sempurna.

Selama 4(empat) hari saya dan dua orang edan itu ngubek-ubek kawasan Aneka Tambang untuk melakukan monitoring lanjutan Elangular Bido (Spilornis cheela) yang dilepasliarkan pada bulan maret lalu. Suara owa jawa menjadi suara yang tak pernah terlewatkan dipagi hari. Mereka saling bersaahut – sahutan satu saama lain.

Owa dengan nama inggris Silvery Gibbon ini merupakan satwa endemik pulau jawa. Owa dengan perilakukawin monogamus ini tidak serta merta ada di seluruh hutan yang tersisa di Pulau Jawa. Beberapa ahli menyebutkan persebaran Owa Jawa hanya dapat ditemukan dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat saja. Karena kecantikan dan keelokanya itulah yang menyebabkan owa jawa kerap diburu untuk diperjualbelikan di pasar gelap. Maraknya perburuan menjadi ancaman bagi Primata yang masuk kedalam kategori Terancam (Endanger) ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s