Mengabadikan Cerek Jawa

Kalau mau dihitung menggunakan sistem penghitungan kalender pada saat Lebaran maka satu tahun sudah saya menunggu momment itu. Ya, awalnya satu tahun lalu ketika saya bermain di Delta Sungai Serayu yang sedang dikeruk untuk mengalihkan jalur aliran sungai yang sudah habis menggerus sisi bagian barat sungai. Burung kecil berwarna putih dengan dahi putih tiba – tiba menghentikan terbangnya dan hinggap disalah satu kubangan air bekas jalur roda truk yang hilir mudik mengangkut pasir. Hari itu adalah tanggal 1 September 2011 ketika dua Individu Cerek Jawa ( Charadrius javanicus) itu turun ke kubangan itu. Saya yang naik motor langsung menghentikan laju motor saya itu. Burung ini bukanlah burung yang biasa bagi saya jadi saya harus benar – benar lama meyakinkan diri saya pribadi kalau itu adalah Cerek Jawa.  Sebelumnya, pada bulan Mei 2011, pada saat peringatan World Migratory Bird Day di Bendung Gerak Serayu kawan – kawan dari Biodiversity Society berhasil mendokumentasikan satu individu Cerek Jawa di area persawahan. 

Kondisi sungai serayu pada saat Kemarau

Waktu terus berlalu. Berkali – kali setiap saya pulang ke rumah selalu menyempatkan waktu untuk menengok Cerek Jawa ke sungai yang hanya berjarak 50 Meter dari Rumah tercinta saya. Tapi keberuntungan sedang tidak berpihak kepada saya. Apa memang si CJ sedang pergi ke suatu tempat untuk berbiak?.. Tapi kemana dan dimana?.. Saya sendiri malahan berpikiran kalau si CJ ini berbiak di Delta Serayu atau paling tidak sepanjang aliran Sungai.

Bulan Juli lalu,  14 Juli 2012, 2 individu terpantau sedang mencari makan di pinggiran sungai. Jaraknya sangat dekat dan hampir sama dengan perjumpaan pertaama pada bulan september tahun lalu. Tapi apa mau dikata. Ndak ada kamera jadinya ya ndak bisa didokumentasikan. Sumpah bikin geregetan seolah Cerek Jawa itu meledek saya dengan tingkah lakunya yang menggemaskan itu. Akhirnya saya cuma bisa sumpah serapah,. “Awas kau ya,. tunggu pembalasanku!!”,..

Akhirnya, beberapa hari lalu, sehari setelah kepulangan saya (16/8/12) dari Bogor (mudik lebaran) langsung saya tungguin tuh si CJ sambil menunggu waktu berbuka puasa Nikon D 5000 + Lensa Nikor 70 – 300mm menjadi senjata balas dendam saya. Begitu burungnya kelihatan walupun penglihatan saya pada saat itu blawur karena baru bangun tidur saya paksakan untuk mengarahkan kamera dan mencet Shuter kamera dengan beberapa frame berhasil direkam. Hasilnya masih blawur, bener – bener ancur. Stock shoot adalah satu keharusan!!!,..

Setelah beberapa frame belum puas saya coba mendekat. Sayang sekali tidak ada kamo dan saya juga lupa gak bawa sarung. Mau pulang sebentar ambil sarung buat dijadikan kamo sudah males. Mengendap, ngesot, pelan – pelan coba mendekat ke si CJ dengan harapan bisa dapet hasil yang lebih bagus dari sebelumnya. Minimal bentuk burungnya masih kelihatan lah biar rasa penasaran saya terobati. Sedang asik – asiknya motret tiba – tiba si CJ kabur begitu ada sepeda motor yang melintas tidak jauh dari lokasi CJ cari makan. Mungkin 20 meteran lah,.. Ah,. sial!!..

Pas mau balik 2 Individu CJ dateng lagi. Kali ini tidak begitu takut karena dari segi jarak jangkauan lensa fokusnya masih dapet dan gak begitu susah walaupun hasil akhirnya tetap banyak yang gak fokus. Satu kelemahan saya ketika menggunakan lensa manual. Mata saya fokusnya sudah sedikit bergeser,.. sepertinya harus di servis dulu,.. ckckckck,.. Sambil sedikit ngesot – ngesot saya kembali coba mengabadikan sepasang CJ itu. Mungkin memang sudah jadi tabiat burung kecil ya? Pecicilan ga jelas. Susah diemnya. Apa memang karena dia merasa terancam dengan kelakuan saya?.. Who knows,..

About these ads

2 thoughts on “Mengabadikan Cerek Jawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s