Mungkinkah Titihan Australia Catatan Pertama di Banyumas?

Titihan Australia di Sungai Serayu/ 19/08/2012

Siapa sangka akan dapat bonus bisa lihat Titihan Australia (Tachybaptus novaehollandiae) dimana jenis tersebut tidak pernah terlihat sebelumnya. Tepatnya tanggal 19 Agustus 2012 pukul 16:32 wib dimana ketika saya hendak hunting foto Cerek Jawa ( Charadrius javanicus) di Sungai Serayu yang hanya berjarak 5o meter dari rumah. Terlihat satu burung yang awalnya adalah Cerek Jawa mengingat jaraknya yang cukup jauh. Tapi ada yang janggal karena lokasinya berada di air dan berenang sedangkan Cerek Jawa tidak berenang tetapi berjalan. Hal pertama yang dilakukan adalah mendokumentasikan burung yang masuk ke dalam kelompok Bebek – bebekan itu sebagai pendukung identifikasi mengingat saya sendiri tidak paham dengan jenis burung air apalagi tidak membawa buku panduan lapang.  

Untuk mendapatkan hasil dokumentasi yang baik maka saya harus membuat jarak yang sedikit lebih dekat dengan burung tersebut. Berjalan pelan bahkan jalan sambil jongkok harus saya lakukan mengingat burungnya sangat sensitif. Curi start pada saat burung sedang memasukan kepalanya(menyelam) ke air dengan harapan si burung tidak melihat pergerakan saya. Ternyata itu tetap sulit karena ketika saya mendekat burungnya pun ikut menjauh.

Titihan Australia merupakan burung penetap yang jarang dijumpai di Jawa dan Bali. Berukuran kecil sekitar 24 cm bertubuh pendek dan gemuk. Kegemaranya adalah menyelam sambil mencari makan. Burung ini tersebar dari Jawa, Bali, melalui Nusa Tenggara ke P. Irian,Ausrtalia dan Selandia Baru. Terdapat tujuh subspesies yang sudah dikenal:

  • novaehollandiae (Stephens, 1826) – Australia, Tasmania, Selandia Baru, Papua bagian selatan.
  •  leucosternos (Mayr, 1931) – Vanuatu dan New Caledonia.
  •  rennellianus (Mayr, 1931) – P. Rennell (Kep. Solomon).
  •  javanicus (Mayr, 1943) – Jawa.
  •  timorensis (Mayr, 1943) – Timor Leste & NTT.
  •  fumosus (Mayr, 1943) – Kep. Sangir dan Talaud Is (barat laut Sulawesi).
  •  incola (Mayr, 1943) – Papua bagian utara.

Mungkinkah catatan pertama di Banyumas?

Catatan jenis burung secara keseluruhan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sepengetahuan saya pribadi belum lengkap. Banyak jenis yang saat ini merupakan catatan baru dan informasi baru. Seperti Cerek Jawa di lokasi penemuan Titihan Australia ini pun demikian, menjadi catatan pertama ditemukan 90 KM masuk ke kawasan Inland.

Titihan Australia sepengetahuan saya untuk Sungai Serayu dimana saya menemukan jenis ini merupakan catatan pertama sepanjang hidup saya di daerah tersebut. Beda dengan daerah lain.Menurut Imam T di FB Group Pengamat Burung Indonesia(27/08/12) di Jogja sejauh ini baru tercatat 2 kali perjumpaan. Sesuai dengan informasi yang ada berarti itu benar,.. “Penetap yang jarang di Jawa dan Bali”. Mungkin jenis ini Migrant Lokal. Siapa yang tahu?..

Catatan menarik dari perjumpaan jenis ini dalam keadaan bulu tidak berbiak ini menjadi PR kawan – kawan di Banyumas supaya lebih rajin pengamatan sehingga data sekecil apa pun bisa terhimpun.

About these ads

2 thoughts on “Mungkinkah Titihan Australia Catatan Pertama di Banyumas?

    • iya bro,.. masbro batak sudah menjelaskan di FB Pengamat Burung Indonesia. Tapi untuk lokasi kampungku ini catatan pertama. po mergo aku sing ra pernah nemu yo,.. ? hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s