Anggrek – Malaxis kobi (J.J. Sm.)

Bunga dari Malaxis kobi

Bunga dari Malaxis kobi

Saya ndak tahu mulai kapan seneng motret yang namanya Anggrek. Dulu, setahu saya yang namanya anggrek itu ya yang bunganya bagus-bagus itu. Bungane mekrok apik, warnanya bagus-bagus ada yang putih, ungu, kuning dan warna lainya juga ada. Sepertinya saya mulai ikut-ikutan melirik anggrek ketika melihat Imam, Lutfian dan beberapa teman-teman Jogja yang seperti keranjingan dengan bunga yang khas ini.

Anggrek mini yang satu ini tersamar berada di semar-semak perdu dan kata Mas Sulistyono ahli Anggrek dari Yayasan Kanopi Indonesia sangat umum di kawasan pegunungan Jawa. Siapa sangka Malaxis kobi, nama ilmiahnya, itu bagian dari anggrek. Saya lho kalau ndak bareng-bareng sama orang yang ngerti dan paham anggrek pasti akan bilang kalau ini rumput liar biasa.

Foto-foto ini saya ambil di CA/TWA Ijen Kabupaten Banyuwangi ketika saya berkegiatan di sana untuk pelepasliaran Elang Jawa(Nisaetus bartelsi). Di sana jenis ini sangat melimpah. Beruntung saya bisa melihat dan mengabadikannya dab bisa belajar tentang anggrek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s