Bukit Jarum, Kaliurang [09/10/13]

merapi-a.jpg

Akhirnya saya hari ini (09/10/13) berangkat ke Bukit Jarum, Kaliurang. Lokasinya berada di lereng selatan Merapi. Tepatnya dibawah Gardu Pandang Kaliurang. Lokasi tersebut merupakan lokasi untuk pengamatan raptor migran yang melintas di Merapi. Tahun 2010 saya sudah pernah ke tempat ini, tepatnya tanggal 3 oktober dalam rangka kunjungan lapang kegiatan Festival Raptor Migran 2010 di Yogyakarta. Duapuluh satu hari sebelum merapi erupsi yang pertama di tahun itu saya dan kawan – kawan dari Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ) memantau raptor migran yang melintas.

bersama teman-teman PPBJ 03/10/10

bersama teman-teman PPBJ 03/10/10

Foto ini saya kurang tau siapa yang motoin. Tapi seingat saya waktu itu ada jeng Imey dan itu merupakan pertemuan saya pertama kali dengan yu imey,.. Saat ini lokasi dimana dulu kami berdiri sudah tidak ada karena longsor paska erupsi. Mungkin kena banjir lahar yeng kemudian longsor. Beda dulu beda sekarang. Dulu kami gak lihat raptor migran, hari ini saya, bro UUP, Masbro Okie dan Tante Anita lihat 5 Sikepmadu Asia, 3 Elangalap Cina, 2 Elangalap Jepang, 1 Elang Hitam dan 2 Elangular bido.

OHB Pale morph, female yang super tinggi [09/10/13]

OHB Pale morph,  yang super tinggi [09/10/13]

Foto Sikepmadu Asia pertama di Merapi untuk musim migrasi tahun ini (2013). Untuk lokasi ini memang tinggi-tinggi, berbeda dengan di Wonosadi. Meski jauh sudah cukup senang saya bisa lihat untuk yang pertama di Bukit Jarum. Yeaahhh,.. Sebenarnya saya pengen kasih statusisasi mengenai jenis kelamin dan umurnya tapi terlalu jauh dan ciri yang menjadi kunci identifikasinya tidak begitu jelas meskipun waktu menggunakan binokuler saya sangat yakin kalau ini betina. Band/garis ekor tipis, tidak ada sub-terminal band pada sayap. Hmm,. apa lagi ya,. wes gitu aja,.

Elang Hitam-Kaliurang-aap-1

Elang Hitam terbang sejajar dengan posisi kami berdiri. Jaraknya kurang dari 15 meter tiba-tiba muncul dari jurang dengan santai menggoda kami. Beberapa jam kemudian kami lihat individu ini menggondol satu tikus berukuran besar. Makan siang,…

Merapi-2

Tersedia satu gubuk yang cuup untuk kita berteduh kalau kepanasan. Cukup nyaman… Oia, lokasi ini cukup mudah dijangkau. Sepeda Motor bisa masuk langsung ke lokasi. Tanpa retribusi kecuali yang retribusi umum di Jalan Kaliurang. Bisa diakses melalui jalan yang menuju Museum Merapi ke Ulen Sentalu, terus ke arah barat. Lokasi gubuk terlihat dari jalan.

Sampai jumpa lagi merapi,.. [AAP 09/10/13]

2 thoughts on “Bukit Jarum, Kaliurang [09/10/13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s