Lembah UGM; White-breasted Waterhen

Hari Jum’at [11/10/13] pulang dari Bukit Jarum, Kaliurang, Yogyakarta, sengaja mampir ke Lembah UGM (Universitas Gajah Mada). Niatnya sih nengokin Kakatua Raja yang sudah beberapa hari nginep di sekitaran kampus Biologi, Arboretum Kehutanan hingga ke Lembah. Mumpung masih bertahan. Takutnya menyusul kawannya yang sudah lebih dulu menghadap Illahi. Yang ditunggu – tunggu tak kunjung datang akhirnya motret aktifitas Kareo Padi (Amaurornis phoenicurus) atau yang bahasa inggrisnya White-breasted Waterhen.

Kareo Padi-LembahUGM-aap-1

Masih belum bisa membedakan mana jantan dan mana yang betina. Yang jelas individu ini lebih jarang ngasih makan ke anaknya.

Kareo Padi-LembahUGM-aap-4

Sudah mulai besar dan sudah mulai nampak warna putih pada bagian bawah. Dia juga sudah mulai mencari makan sendiri meskipun mash terus diawasi oleh induknya.

Kareo Padi-LembahUGM-aap-3

Jika diperhatikan dengan seksama dan lebih teliti lagi, individu anakan yang satunya warna bagian bawah dari leher sampai dada bawah terlihat putih keabuan. Beda dengan yang satunya yang lebih cerah.

Kareo Padi-LembahUGM-aap-2

Sebenarnya akan lebih bagus ketika kondisi lembah tidak banyak sampah seperti foto diatas ini. Macam – macam gelas air minerah dan sampah plastik lainnya.

Kareo Padi-LembahUGM-aap-5

Meskipun sudah bisa cari makan sendiri, individu muda masih sering dikasih makan sama induknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s