Reptil – Lesser-tree Agamid

Ini dia, jenis binatang yang memunyai ilmu malik rupo, sebuah keahlian tingkat tinggi. Sejajar dengan Angling Darma dan Kian Santang,.. Tapi sayang, kalau yang ini butuh waktu agak lama, berbeda dengan angling darma dan kian santang yang bisa dengan sekedipan mata langsung berubah.

Belum berubah

Belum berubah

Ups,. jadi ngelantur bos,. Yup! Ini dia,. binatang melata, katanya melata, atau melatah?,  entah pun, yang jelas ini yang kita kenal dengan Bunglon. Kalau di pasar-pasar burung kadang pedaganya suka ngapusi,. “ini apa pak?” kalau yang ngawur jawabnya gini ” ini anakan Iguana mas,. ini nanti lama-lama bisa jadi besar“. Gelem- geleme di apusi wong bakulan,..

Warnanya mulai pucat

Warnanya mulai pucat

Ternyata bunglon ini punya nama. Namanya pun keminggris, Lesser-tree Agamid, bahasa ilmiah/latinnya Pseudocalotes tympanistriga. Makasih abang Syahputra yang sudah bantu identifikasi. Ini saya dapat di Taman Nasional Gunung Ciremai blok Condang Amis bersama para sesepuh fotografi dan peneliti (dudu aku penelitine),.

bukan dinosaurus

bukan dinosaurus

Ada 4 individu di satu lokasi,. Sepertinya memang waktunya jenis ini menetas (?) karena sebagian besar perjumpaan dengan jenis ini pasti masih individu Juvenile.

Close-up

Close-up

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s