Trisik 121013 – Ruddy Turnstone

Trisik 121013, jenis ini merupakan target saya di Trisik untuk musim kali ini. Merupakan burung pantai pertama yang mampu menyedot perhatian saya ketika saya berada di Pulau Panaitan, Taman Nasional Ujung Kulon 2010 lalu. Alhamdulillah musim ini saya bisa dapetin ini di Delta Trisik, Kulon Progo, Yogyakarta. Kunjungan pertama saya pada saat MoBuPi (Monitoring Burung Pantai Indonesia) 08 September lalu. Oia, nama indonesianya adalah Trinil Pembalik Batu dengan nama Ilmiah Arenaria interpres. Dan berikut inilah foto-foto dari si tukang batu,.

IMG_4325

Foto individu dewasa di atas ini awalnya saya pikir sedang membalik-balikkan batu, ternyata sedang membalikkan Kepiting.

Trinil Pembalik Batu-Trisik-aap-1

Non breeding plumage atau bulu tidak berbiak. Dan kebetulan saya belum pernah nemu yang masih ada sisa bulu berbiaknya.

Trinil Pembalik Batu-Trisik-aap-4

Meskipun harus merayap, mengendap-endap pun rela saya lakonin yang penting bisa dapet gambar sedekat mungkin. Maklum, pemakai kamera prosumer harus pintar-pintar putar otak biar bisa dapet gambar yang tidak jelek.

Trinil Pembalik Batu-Trisik-aap-3

Kalau tebakan saya foto di atas ini masih individu juvenile. Saya memang tidak punya pengalaman banyak mengenai burung – burung pantai. Baru beberapa tahun ini mulai belajar dan mengoleksi buku panduan dan referensi yang ada.

Trinil Pembalik Batu-Trisik-aap-2

Leave a Reply

