Curug Cipendok, Blusukan lagi,.

Air Terjun Cipendok, ketinggian 92 meter [ 19/01/2014]

Air Terjun Cipendok, ketinggian 92 meter [ 19/01/2014]

Cipendok 19/01/2014

Ada yang tau di mana itu Curug Cipendok? kalau belum tau maka akan saya kasih tau.. Curug cipendok itu pokoke suwejuukk,. Ini juga kali pertama saya menjejakkan kaki di curug yang punya daya tarik Air Terjunnya yang tinggi. Tapi ada hal lain di Cipendok yang menjadi daya tarik bagi diri saya dan nanti akan saya jelaskan di bagian bawah.

Curug Cipendok adalah air terjun dengan ketinggian 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet. Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

Curug cipendok ini terletak di Desa Karangtengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Lokasi ini dapat di capai baik menggunakan sepeda motor maupun Mobil dari pusat kota Purwokerto. Jarak dari pusat kota sekitar 14 km menuju barat ke Cilongok. Dari jalan raya propinsi, jalan raya cilongok, jaraknya sekitar 8 km lah. Hati – hati ya soalnya sekarang ada lobang – lobang di titik – titik terntentu. Jadi tetap waspada khususnya bagi yang menggunakan sepeda motor ya,.

Selain air terjunnya yang tinggi itu ada apa sih di cipendok? Saya lupa kapan pertama kali mendengar nama lokasi tersebut. Curug cipendok cukup mendapat perhatian dari para peneliti wildlife dari jaman baheula. Karena apa? Ya sudah barang tentu karena cipendok itu layak di perhatikan. Macan, Burung, Amphibia, Capung sampai Anggrek ada di kawasan yang masuk dalam pengelolaan  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur.

Blusukan saya ke cipendok minggu lalu adalah berkat ajakan Apris Biodiversity Society. Seperti gayung bersambut karena saya sudah lama ingin ke cipendok. Banyak  dari kawan – kawan jogja yang mengiming – imingi saya foto – foto anggrek dan capung yang menjadi misteri. Capung misteri? Ya, karena capung dari genus ini muncul di tempat – tempat yang lembab dan kalau tidak salah muncul paling banyak pada musim penghujan. Salah satu jenis dari Genus Drepanosticta ini specimennya ditemukan pertama kali di lereng selatan Gunung Slamet. Drepanosticta spatulifera yang saya cari semenjak Imam Taufiqurrahman menunjukan ke saya catatan di Ecology Jawa akhirnya saya temukan di Cipendok.

Drepanosticta spatulifera (Lieftnick, 1929)

Drepanosticta spatulifera (Lieftnick, 1929)

Selain capung jarum dengan warna dominan hitam itu cipendok menyimpan banyak jenis anggrek liar. Alhamdulillah saya ketemu lima jenis dimana empat diantaranya merupakan jenis yang baru saya lihat.

Malaxis obovata, Cipendok 19 Januari 2014

Malaxis obovata, Cipendok 19 Januari 2014

Malaxis obovata, jenis anggrek tanah yang kata J.B. Comber dalam bukunya Orchids of Java jenis ini disebutkan hanya ditemukan di kawasan hutan pegunungan Jawa bagian Barat. Temuan di Cipendok bisa jadi catatan baru atau memang terlewatkan pada saat Comber melakukan survey waktu itu.

Blusukan di cipendok merupakan blusukan yang menyenangkan meskipun kaki pegal – pegal dan rasane kemeng tenan cah!!.. Menyenangkan dan rasa pegal dan capek terbayarkan dengan anggrek – anggrek cantik. Selain anggrek juga ada hal lain, sebuah catatan yang menjadi harta karun dan saya tidak akan katakan di sini apa bentuk harta karun itu. Tunggu saatnya yang berhak yang membeberkan kepada kita semua.

2 thoughts on “Curug Cipendok, Blusukan lagi,.

    • Iki aku lagi sekali iki. Spatulifera aku ketemu 5 individu jantan, betina 1.. ketemune neng alas nduwur malah.. wingi ra sempat mudun neng kali.. M.obovata mung ketemu siji..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s