Satu Persembahan Kecil

BukuRaptor-Jatim

Cover

Mungkin ini bukan karya yang luar biasa. Hanya buku ukuran A5 dengan tebal halaman hanya 86 itu pun plus dengan kata sambutan dan kata pengantar. Ide awal dari buku ini kalau tidak salah ingat sebelum pertengahan tahun lalu (2013). Memang terkesan memaksakan kehendak karena pada saat itu foto belum lengkap. Ide yang sempat mandek beberapa bulan karena konsep yang sudah di lempar tak juga kunjung mendapat tanggapan dari yang lain. Sampai pada akhirnya di tantang ” 2 bulan bisa gak?!“. Gendeng! Pikirku. Tapi itu justru menjadi pemicu semangat untuk bisa mewujudkan tantangan itu.

Alhamdulillah, beberapa sudah di cicil sejak lama. Ketika memulai dengan mengucap Bismillahirromhannirrohim, satu langkah terasa lebar dan tahapan teks untuk deksripsi jenis sudah tidak perlu di khawatirkan karena sudah ada. Konsep Buku Panduan Lapang Burung Pemangsa di Kawasan Konservasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur awalnya adalah untuk keseluruhan Pulau Jawa dan saya menawarkan untuk mengikutkan jenis burung pemangsa Nocturnal (Burung Hantu).

Tantangan dua bulan itu pun akhirnya menjadi empat bulan dan menjadi enam bulan. Ah, sedikit santai dan bisa mengkoreksi beberapa kesalahan pada teks. Selain itu juga bisa mengontact beberapa teman yang punya foto untuk mengisi foto yang saya belum punya. Semua berjalan lancar sesuai dengan rencana Gusti Alloh. Tidak mendapat kesulitan apa pun pada saat pengerjaan tata letak. Ya, karena saya tidak membuat  buku ini ribet. Saya maunya buku ini mudah di mengerti, tidak banyak kata – kata yang tidak mudah di mengerti.

Untuk deskripsi saya memang sengaja tidak menyebutkan secara mendetil karena sudah dibantu dengan foto berwarna dan saya berpendapat bahwa dengan foto itu sudah cukup mewakili deskripsi panjang yang bahasanya bisa saja sulit di mengerti. Toh untuk beberapa jenis yang individu mudanya (juvenile) mempunyai pola bulu berbeda dengan dewasa saya juga menyertakan fotonya.

Ah, rasa – rasanya kalau saya tumpahkan semua di sini akan jadi terlalu panjang dan membosankan. Intinya adalah, apa yang saya kerjakan bersama kawan – kawan di Jawa Timur ini belumlah seberapa. Hanya bagian kecil dari sumbangsih Ilmu Pendidikan.

4 thoughts on “Satu Persembahan Kecil

    • Terima kasih Gung,..

      Iya,. ini cuma cetak sedikit,. tapi kalau mau lihat2 mungkin di Meru Betiri ada,. soalnya UPT Kemenhut yang di jawa di Kirim satu-satu ,..

      Like

Leave a Reply

