Short Birding di Minggu Pagi

Minggu pagi (04/01/15) untuk merealisasikan keinginan bersepeda, maka saya bersepeda menuju kawasan Lembah sekalian ngamati burung, siapa tau ada yang menarik dan baru untuk saya. Berangkat setelah bateray kamera penuh supaya bisa motret juga. Berangkat menyusuri jalan perumahan di Pogung Kidul yang tembus utara Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada.

Ternyata, bersepeda pagi-pagi itu asik. Asik karena tidak terburu-buru, santai sesuai dengan kekuatan kaki mengayuh. Cuma tidak enaknya di klason dari belakang sama yang pakai mobil dan motor. Hehehe,.. selama ini kalau saya nglakson orang-orang yang bersepeda  mungkin saja di pisuhi dalam hati. Bukan masalah klasonnya, tapi kagetnya,. hoha,.

Ok, lanjut lagi ngontelnya. Begitu masuk kawasan utara arboretum UGM yang banyak rumah makan itu jalanan lumayan ramai. Kanan kiri penuh mobil yang parkir. Begitu juga ketika masuk antara fakultas pertanian dengan kedokteran hewan. kanan kiri penuh kendaraan yang terparkir. Masuk ke kanan arah Lembah lokasi makin ramai. Ramai pedagang dan pengunjung Pasar Kaget Sunday Morning. Saya terus mengontel sepeda melaju menuju lembah.

Yogyakarta, 04.01.15

Yogyakarta, 04.01.15

Jalanan itu seketika menjadi riuh, ramai, padat segala macam barang. Dulu sempat sepi ketika aktifitasnya dipindahkan ke arah UNY. Apa karena jembatan penghubung Lembah UGM menuju UNY di perbaiki sehingga kegiatan Sunday Morning ini kembali lagi ke sekitar Kamus FKH? Jawabanya adalah embuh,..

Lembah sekarang mengalami banyak perubahan. Jalan setapak yang pas untuk joging kini telah di perbarui. Sisi selatan pun sedang dilakukan pembangunan besar-besaran dan itu akan nyambung sampai ke depan Masjid Kampus arah Sagan.

Lembah, 04.01.15

Lembah, 04.01.15

Tapi cukup sedikit saja lihat perubahan di Lembah. Mending duduk manis nungguin Raja Udang Meninting (Alcedo meninting). Meskipun sedikit sekali kesempatannya. Lha wong suarane ae gak onok,. 

Lembah, Yogykarta. 04.01.15

Lembah, Yogykarta. 04.01.15

Ah, tiba-tiba ada Kowak-malam Abu (Nycticorax nycticorax) tengger di pohon tengah kolam. Yang ditunggu tak hadir ada gantinya yang lebih besar. Eits, ternyata dia tak sendirian. Ada kawannya di bawahnya, tersamar oleh dedaunan.

Kowak malam yang satunya pun akhirnya mau sedikit nampang. Dia pindah tenggeran lebih keatas sehingga lebih mudah untuk saya foto.

Lembah, Yogykarta. 04.01.15

Lembah, Yogykarta. 04.01.15

Lalu, setelah si kowak berpose santai, Burung Kareo Padi (Amaurornis phoenicurus) remaja pun akhirnya menampakan diri. Selain raja udang meninting, kareo juga menjadi burung yang saya tunggu pagi ini. Tidak seramah kowak malam, kareo padi ini sedikit sensitif. Cuma beberapa jepretan kamera si doi masuk lagi. Selain takut sama saya, mungkin takut sama bapak-bapak pemancing yang semakin banyak berdatangan.

Lembah, Yogykarta. 04.01.15

Lembah, Yogykarta. 04.01.15

Apa yang kalian lakukan ketika tiba-tiba perut mules ketika sedang asik-asiknya ngamati burung? sedangkan toilet ada tapi tak berfungsi karena saluran air mati? Kalau saya mending pulang,. hehehe,. Begitulah yang terjadi pagi ini terhadap diri saya. Kareo padi menjadi burung kedua yang saya dapatkan pagi ini di Lembah, yang lain cuma suara saja. Takut menampakan diri.

Di jalan ketika pulang dapet bonus 2 individu Kerak Kerbau (Acridotheres javanicus) di utara Fakultas Kehutanan. Itu juga tanpa kesengajaan, padahal maunya motret aktivitas Kowak dan Cangak Abu yang sedang bersarang.

Kerak Kerbau, Yogyakarta 04.01.15

Kerak Kerbau, Yogyakarta 04.01.15

Atas burung 1 (satu), bawah burung 2 (dua) yang terbang ke pagar kampus.

Kerak Kerbau, Yogyakarta 04.01.15

Kerak Kerbau, Yogyakarta 04.01.15

Ketika saya coba mendekat supaya dapat gambar yang lebih bagus dan cling si doi malah terbang ke timur dan menghilang. Ya wes, motoin yang sedang bersarang saja.

Cangak Abu, Yogyakarta 04.01.15

Cangak Abu, Yogyakarta 04.01.15

Saya pikir waktu berbiak Cangak Abu (Ardea cinerea) sudah lewat, soalnya beberapa bulan lalu ketika melewati lokasi itu banyak burung yang sedang dalam aktivitas breeding. Bukan cuma cangak abu, Kowak malam pun banyak yang bersarang sekitar 3 bulan lalu.

Kowak malam bersarang. UGM 04.01.15

Kowak malam bersarang. UGM 04.01.15

Birding minggu pagi ini mungkin tidak cukup memuaskan karena tidak banyak jenis yang bisa saya jumpai. Tapi, setidaknya saya akhirnya bersepeda pagi seperti orang-orang itu. Short birding yang terganggu dengan mulesnya perut saya dan harus segera dievakuasi ke kamar kecil.

Jenis-jenis yang terlihat yang terfoto dan tidak terfoto:

  1. Scarlet-headed flowerpecker – Cabai Jawa
  2. Olive-backed Sunbird – Burungmadu Sriganti
  3. White-brested Waterhen – Kareo Padi
  4. Grey Heron – Cangak Abu
  5. Black-crowned Night-heron – Kowakmalam Abu
  6. Sooty-headed Bulbul – Cucak Kutilang
  7. Common Iora – Cipoh Kacat
  8. Blue-eared Kingfisher – Rajaudang Meninting
  9. Collared-backed Kingfisher – Cekakak Sungai
  10. Eurasian Tree Sparrow – Gereja Erasia
  11. Spotted Dove – Tekukur Biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s