Akhir Dari Si Burung ‘Ghoib’

Yogyakarta, 11.01.15. Hari ini, Minggu 11/01/15, Saya dan beberapa teman – teman di Yogyakarta kembali menyambangi Taman Nasional Gunung Merapi. Seolah tak ada tempat lain untuk bermain lagi – lagi kami pergi ke sana. Tujuan utama kami yakni untuk melihat dan cek Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) karena sudah lama juga kami tak saling sapa dengan si jambul yang menjadi maskot PSS Sleman itu.

Elang yang ditetapkan sebagai Garuda itu hanya beberapa menit saja menampakan diri. Seolah ingin memberikan kabar kepada kami bahwa mereka baik – baik saja. Satu individu saja sudah cukup mewakili mereka yang ada di hutan Merapi. Sesekali terbang ke balik bukit di depan kami lalu bertengger. Hanya beberapa detik terbang lagi kemudian menghilang.

Di saat kami sedang gojeg kere, Langgeng datang memberitahu kalau dia baru saja memotret Berencet Kerdil (Pnoepyga pusilla). Apa?! wah ini baru kabar gembira, karena bukan mastin dan garcia saja yang menjadi kabar gembira. Berencet kerdil dengan nama Pygmy-wren Babbler merupakan burung semak yang (menurut saya) sulit sekali di foto. Kalaupun dia menampakan diri dari yang sudah – sudah cuma sepintas kemudian menghilang. Seringkali muncul istilah atau julukan untuk burung yang satu ini sebagai burung “Ghoib”, ada suara tapi tak ada penampakan.

Saya, meskipun menggunakan kamera prosumer yang sensor fokusnya lambat pun tak mau kalah dengan teman – teman yang menggunakan DSL-R ber-Flash eksternal atau flash tambahan. Menggunakan flash pada body kamera prosumer sx40hs saya ikut mengabadikan berencet narsis itu.

Berencet Kerdil ǀ Pygmy-wren Babbler ǀ Pnoepyga pusilla. 11.01.15

Berencet Kerdil ǀ Pygmy-wren Babbler ǀ Pnoepyga pusilla. 11.01.15

Saya dulu pernah di tantang sama pendekar Baluran, Kang Swiss Winasis. Beliau menantang saya untuk mulai motret babbler. Waktu itu saya bilang ampun karena suatu yang sepertinya agak sulit untuk direalisasikan. Mungkin ini buah kesabaran dan ketelatenan yang mampu menggugurkan ke-pesimisan saya.

Berencet Kerdil ǀ Pygmy-wren Babbler ǀ Pnoepyga pusilla. 11.01.15

Berencet Kerdil ǀ Pygmy-wren Babbler ǀ Pnoepyga pusilla. 11.01.15

Di Taman Nasional Gunung Merapi khususnya di sisi selatan yakni di Plawangan dan Goa Jepang jenis ini bisa dibilang cukup umum. Dalam setiap kunjungan saya birding di lokasi itu selalu mendengar suara dari burung ini. Pun ketika saya mencari informasi jenis ini ternyata ada satu foto berencet kerdil yang menjadi juara 2 lomba foto pada ajang lomba pengamatan burung tahun 2012 lalu. Dia Samsul Ma’arif yang berhasil mengabadikan si burung ghoib ini dan berhasil menyabet juara dua kategori foto burung.

Foto yang menjadi Juara II di Birdrace 2012. Foto oleh Samsul Ma'arif

Foto yang menjadi Juara II di Birdrace 2012. Foto oleh Samsul Ma’arif

Berakhir sudah gelar burung ghoib. Minimal untuk saya yang baru kali ini mendapatkan foto yang menurut saya itu sudah lebih dari cukup. Meskipun sudah lebih dari cukup, saya masih punya keinginan untuk mengulang mengamati dan mendokumentasikan burung berekor pendek itu.

Sampai jumpa di lain waktu!!

Leave a Reply

