Burung-burung Pantai di Belakang Rumah

Belakang rumah kami adalah hamparan sawah yang Alkhamdulillah sering dikunjungi burung pantai migran pada bulan – bulan dimana burung dari Utara itu singgah di Yogyakarta. Biasanya, suara dari Trinil Semak (Tringa glareola), Kedidi Golgol (Calidris ferruginea), Kedidi Leher Merah (Chalidris ruficolis) dan jenis lainya akan mulai terdengar pada bulan Agustus.

trinik-semak_trisik_0816_1

Burung-burung tersebut biasa singgah antara bulan Agustus – September pada saat sawah hendek diolah. Pada saat itulah burung – burung pengembara itu mencari makan di sawah yang baru saja dibajak.

kedidi-golgol_1

Seperti jenis kedidi golgol ini. Mereka terlihat tengah sibuk dan asik mencari makan diantara tanaman padi yang baru saja ditanam.

kedidi-golgol_2Rasanya seperti mempunya taman burung sendiri. Pengamatan tidak harus bepergian ke tempat yang jauh. Memang, jarak tempat tinggal kami dengan Muara Progo dan Pantai Trisik yang menjadi persinggahan mereka tidak jauh. Hanya 5 kilometer.

kedidi-golgol_3Selain kedidi golgol, pada tanggal 25 September juga terlihat kedidi leher merah beserta rombongannya sedang mencari makan di salah satu petak sawah yang baru saja diolah dan siap ditanami.

kedidi-leher-merah_galur_2Burung-burung ini adalah contoh dimana nauri alamiah satwaliar merespon terjadinya perubahan iklim. Ketika musim dingin begitu ekstrim di lokasi berbiaknya, di belahan bumi utara sana, mereka melakukan migrasi ke bagian bumi lain yang memiliki iklim cuaca hangat. Salah satunya indonesia. Termasuk kawasan di Yogyakarta yang menjadi persinggahan burung – burung yang sedang melakukan perjalanan panjang ke selatan. Bukan mencari kitab suci ya,. Kecuali mereka perjalanannya ke barat,.

kedidi-leher-merah_galur_1Sayangnya, saat ini banyak terjadi alih fungsi lahan yang mengakibatkan habitat persinggahan burung pengembara itu semakin berkurang. Di trisik dan muara progo pertumbuhan tambak dan penambangan pasir merupakan salah satu contoh alih fungsi lahan yang menggeser burung – burung pengembara tidak mampir ke dua lokasi tersebut.

Semoga, di tahun- tahun berikutnya jenis yang singgah di sawah belakang rumah kami akan jadi lebih banyak. Aamiin,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s