Bubut Jawa, yang baru di pekarangan rumah kami

 

Bubut Jawa Centropus nigrorufus jenis burung dari famili Cuculidae burung endemik Pulau Jawa yang statusnya terancam punah. IUCN memasukan burut jawa sebagai jenis yang terancam dengan kategori Vulnerable (rentan). Dengan daerah seabran yang terbatas hanya di kawasan pesisir.

bubutJawa_senik_aap-3

Beberapa hari yang lalu Istri laporan via Whatsapp, kira-kira bunyinya begini.
“Ternyata yang bunyinya ‘kok-kok’ itu Bubut Jawa. Tadi pas buka pintu samping burungnya terlihat terus langsung terbang”
“Weee”,. itu jawaban ekspresi keterkejutan saya. hehe

Hingga akhirnya kemarin pagi (5/05/2019) pas saya buka pintu samping dapur terlihat satu burung yang sedang berjalan di pelepah kelapa yang langsung teridentifikasi sebagai Bubut Jawa.

bubutJawa_senik_aap-2
Seperti waktu-waktu yang lain kalau ada burung ‘baru’ yang datang di sekitar pekarangan rumah respon saya adalah ambil kamera dan teropong baik monokuler maupun binokuler. Kamera tujuannya untuk mendokumentasikan temuan itu. Teropong untuk memastikan identifikasi ketika burungnya menjauh, maka hanya dengan teropong itu kita bisa melihat burungnya dengan jelas. Kecuali burungnya nyempil di pelepah kelapa.

Mendokumentasikan dalam bentuk foto sudah seperti menjadi SOP, jadi ketika ada hal baru terkait dengan burung – burung yang ada di sekitar rumah. Karena kamera saya hanya berlensa 40mm maka saya pinjam properti Ekoin yang ada di rumah. Alhasil kamera powershot atau prosumer canon dengan perbesaran 42x zoom sehingga saya bisa mendokumentasikan dengan jelas seperti foto diatas.

bubutJawa_senik_aap-1
Dengan kedatangannya di sekitar pekarangan kami, maka bubut jawa ini menjadi catatan baru untuk burung – burung yang selama ini ada. Jarak rumah kami yang hanya sekitar 5-6 kilomter dari kawasan pesisir maka bisa saja bubut jawa memang ada di kawasan desa kami. Semoga tetap lestari,

Salam
​Jogja 06 Mei 2019

tulisan ini juga ada di AAP Fotografi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s