Si burung surga-Seriwang Asia

Jantan/www.hkbws.org.hk

Nama Lokal: Seriwang Asia

Nama Ilmiah: Terpsiphone paradise(Linnaeus, 1758)

Nama Inggris: Asian Paradise-flycatcher

Deskripsi

Burung ini berukuran sedang sekitar 22 cm, jantan ditambah 20 cm panjang ekor. Jantan dan betina berbeda warna dan bentuknya. Kepala hitam bersinar dengan jambul mencolok. Jantan tercatat mempunyai sepasang bulu ekor tengah yang memanjang sampai 25 cm, melebihi bulu ekor yang lainya.

Photo: Suresh C Sharma

Jantan: ada dua bentuk warna, keduanya cukup berbeda dengan Seriwang Jepang Terpsiphone atrocaudata. Bentuk pertama; tubuh bagian atas putih bercoret hitam pada pangkal bulu, tubuh bagian bawah putih bersih, sayap hitam. Bentuk kedua; tubuh bagian atas merah bata, tubuh bagian bawah keabu-abuan.

Betina/www.wallcoo.net

Betina; cokelat merah bata dengan kepala hitam mengkilap.

Iris coklat, kulit tanpa bulu di sekitar mata berwarna biru, paruh biru berujung hitam dan kaki biru.

Suara: Suara kontak keras dan serak ”ci-tew” atau ”ci-wiit, ci wiitwiit” sering berselang dengan siulan berdering ” ciuw-ciuw-ciuw” yang nyaring, biasanya di ulangi dua kali.

Penyebaran global: Turki, India, Cina, Asia Tenggara dan Sunda Besar

Penyebaran Lokal dan Status:

Di Indonesia burung ini tersebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara. Untuk di sumatera termasuk pulau-pulau di sekitarnya. Di kalimantan cukup umum ditemukan di hutan-hutan dataran rendah, di beberapa tempat mencapai ketinggian 1.200 m dpl. Di Jawa terbatas pada hutan dataran rendah di bawah ketinggian 800 m dpl, lebih umum di sebelah selatan. Sedangkan di Bali belum pasti mengenai keberadaan jenis ini.

Photo: www.animalpicturesarchive.com

Kebiasaan

Untuk individu jantan yang putih sangat mencolok sewaktu terbang. Biasanya berburu dari tenggeran di sebelah bawah tajuk. Sering bergabung dalam kelompok passerin lainya.

Daftar bacaan

MacKinnon,J & Phillips,K. 2000: Seri Panduan Lapangan Burung-Burung Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Puslitbang Bilologi-Lipi.

Sukmantoro W., M. Irham, W. Novarino, F. Hasudungan, N. Kemp & M. Muchtar. 2007. Daftar Burung Indonesia no. 2. Indonesian Ornithologists’ Union, Bogor.

26 thoughts on “Si burung surga-Seriwang Asia

  1. aku ada piara ni burung…
    tapi blum tau jantan betina,kata penjual jantan..
    tapi di sini ciri ciri nya betina,karna ekor nya pendek gt.

    Like

  2. ada yg tau makanannya gak ya…
    sy punya satu stg sendiri kerumah. ekornya panjang, tubuhnya besar sepwrti cicak rowo. berjambul, warna hitam syap coklat. spertipada gambar.
    sy tdk tahu makanannya apa…

    Like

Leave a comment