Akhirnya Si Udang Api kena juga

Tanggal 12 Juli 2017, tepatnya hari Rabu Pon pada bulan Syawal 1438 Hijriyah. Janjian sama Ari dan Indra sambang Kembang Soka di Perbukitan Menoreh untuk bersilaturahmi bersama para burung dan ngopi di Kopi Sulingan. Kopi khas Kembang Soka desa Ramah Burung. 

Target saya si merah oranye nan imut dan mungil Udang Api atau Ceyx erithaca. Kalau ngikutnya Oriental Bird Image masuknya menjadi Ceyx erithaca rufidorsa. Tapi itu tak jadi masalah, yang penting burungnya ada saja sudah untung.

Spot sudah ready, semua diam di posisinya masing-masing menunggu sang idola muncul di podiumnya. Suara tanda kehadiran dia samar memang terdengar, hanya saja masih malu untuk keluar.

kembang soka

Berlindung dibalik daun kelapa kering/ Doc: Ari Hidayat

Tak lama berselang si doi hinggap di pohon kakau depan spot. Hanya sebentar, terbang lagi. Hingga akhirnya yang kedua burung dengan nama eropah Oriental Dwarf Kingfisher ini bertengger lebih dari 2 menit. Ada kesempatan untuk mengabadikannya menjadi file JPEG (kamera ndak support RAW).

Uddang Api Kembang Soka (1)

Setelah show pertama dia masih mondar-mandir dan menyempatkan tengger sebentar lalu pergi lagi. Alkhamdulillah, sampai batas perut lapar bisa dapat 8 frame yang lumayan bagus menggunakan kamera prosumer yang sudah mencicit karena usang.

Udang Api Kembang Soka _edit1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s