Pasangan yang setia(Elang Laut Perut Putih)

Senin, 2009 Juni 29

Sebelum kapal yang membawa kami melanjutkan perjalanan pulang, saya menyempatkan meminta kepada Kapten Kapal Motor untuk lebih mendekat ke pohon Cemara Laut(Cassuarina equisetifolia) yang sedang digunakan oleh pasangan Elang Laut Perut Putih(Haliaeetus leucogaster) bersarang(Juli 2007). Pasangan elang laut yang kami beri nama Yudi dan Yuni ini bersarang di Pohon Cemara laut tepat di pinggir pantai(bagian pulau paling pinggir). Kami, Team Monitoring, Pada saat itu memberi nama pasangan itu Yudi dan Yuni karena secara kebetulan nama Pulau dimana pasangan elang ini bersarang adalah Pulau Yu Barat yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.
Begitu kapal mendekat saya langsung membidikan Kamera saya ke pohon tersebut dengan arah yang sudah pasti posisi sarangnya berada. Tanpa saya sadari ternyata tidak jauh dari sarang dengan perkiraan 3 meter dari sarang ada Individu Jantan sedang bertengger menunggui si Yuni sang Betina yang sedang berada di sarang. Saya baru tahu kalau ada si Yudi setelah melihat hasil Jepretan tadi.
Terlihat jelas sekali kalau Yudi begitu setia menunggui pasangannya yang sedang menjalankan tugasnya menungerami telur buah hasil percintaan mereka. Yudi disaat sedang tidak pergi untuk mencari makan dia akan bertengger di dahan atau di pohon yang tidak jauh dari lokasi sarang mereka berada.

Banyak orang bilang untuk jenis elang laut ini pola hidupnya adalah Monogamus(Hanya mempunyai satu pasangan), dan inilah salah satu bentuk kesetiaan si pejantan dalam menjaga hubunganya dengan pasangannya. Kadang Yudi pulang kesarang dengan membawa sesuatu yang entah itu bahan untuk sarang maupun sekedar sedikit makanan buat si Yuni, pasangannya yang sudah beerapa tahun tetap setia melayani dia.
Pasangan Yudi dan Yuni ini setahun sebelumnya juga berhasil menghasilkan satu anak. Tapi anakan dari pasangan ini hilang karena di curi oleh pemburu. Dan ternyata diketahui bahwa Elang Laut anakan yang waktu itu diserahkan ke Program Rehabilitasi Elang di Kepulauan Seribu berasal dari Pulau Yu Barat dimana Yudi dan Yuni bersarang. Anakan elang yang waktu itu di serahkan di beri nama Rocky oleh teman-teman yang bekerjha di Program Rehabilitasi. Saya salah satunya.
Pejantan akan terus menjaga daerah Breeding Teretory-nya dari jenis lain benar-benar sangat ketat. Team waktu itu sempat melihat perkelahian sesama elang laut yang salah satunya adalah Yudi yang teus mengusir elang laut yang datang ke daerah breeding teretorynya. Dia terus mempertahankan daerah kekuasaanya dari elang lain. Ketika Yudi sibuk mempertahankan daerahnya, Yuni tetap dengan tugasnya. Menjaga sarang dan telurnya. Ini menunjukan peran masing-masing individu begitu terlihat.
Setelah puas dengan gambar yang dihasilkan, perjalanan pulang pun di lanjutkan. Melihat Yudi yang begitu setia menjaga Yuni dan calon keturunanya saya kembali berfikir, ” Burung saja mempunyai rasa kesetiaan yang begitu besar, Kenapa manusia kadang lebih buruk dari mereka ya?”.

2 thoughts on “Pasangan yang setia(Elang Laut Perut Putih)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s